Surabaya Waspadai Peningkatan Covid-19

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Surabaya Waspadai Peningkatan Covid-19 (ilustrasi).
Surabaya Waspadai Peningkatan Covid-19 (ilustrasi). | Foto: www.freepik.com

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Kesiapsiagaan terhadap Risiko Peningkatan Kasus Covid-19 di Surabaya. Surat Edaran bernomor 443.33/10413/436.7.2/2022 itu dikeluarkan dalam upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, dengan memperhatikan langkah-langkah yang telah ditentukan.

“Kami imbau untuk menjaga Kota Surabaya tetap berada dalam level 1 sesuai dengan indikator transmisi komunitas pada indikator yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri),” kata Eri, Senin (20/6/2022).

Eri juga meminta meningkatkan percepatan vaksinasi di seluruh wilayah, khususnya anak usia 6-11 tahun, Lansia, kelompok masyarakat rentan, serta booster untuk Lansia dengan target 50 persen. Eri juga meminta peningkatan Active Case Finding (ACF) pada kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah secara rutin setiap satu bulan sekali.

“Melaporkan kasus Covid-19 secara rutin dan terpadu melalui aplikasi Lawan Covid-19 Surabaya. Mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga

Eri juga meminta jajarannya melakukan testing secara masif terhadap sasaran prioritas yaitu suspek, probable, kontak erat, dan pelaku perjalanan di fasilitas pelayanan kesehatan atau Puskesmas terdekat. Eri juga meminta melakukan tracing kasus konfirmasi Covid-19 beserta kontak eratnya secara terintegrasi dalam waktu kurang dari 48 jam.

Eri juga mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin dengan pendekatan 5M saat melakukan kegiatan di luar rumah. Ia juga meminta untuk mengoptimalkan penggunaan Aplikasi PeduliLindungi serta melakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat yang berpotensi terjadi kerumunan.

“Semua ini dilakukan guna melindungi keluarga dan lingkungan tempat tinggal dari penyebaran Covid-19. Jadi, ayo bersama-sama kita jaga kota ini supaya terhindar dari Covid-19. Saya yakin warga Surabaya bisa mengetatkan prokes kembali, karena kita sudah pernah melawan ini secara bersama-sama,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Covid-19 Masih Mencancam, Masyarakat Jangan Lengah

Korut Hentikan Impor Produk Pencegahan Covid-19 dari China

Medan Kembali Gelar Car Free Day Setelah Dua Tahun Terhenti

Pengamat: Pemda Perlu Persiapkan RS Antisipasi Subvarian Baru

Angka Rawat Covid-19 di RSDC Kemayoran Naik Tiga Kali Lipat Sepekan Terakhir

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark