Disnak Akui Penularan PMK di Tulungagung Meluas

Red: Muhammad Fakhruddin

Disnak Akui Penularan PMK di Tulungagung Meluas (ilustrasi).
Disnak Akui Penularan PMK di Tulungagung Meluas (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha

REPUBLIKA.CO.ID,TULUNGAGUNG -- Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengakui penularan wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) pada ternak sapi daerah itu meluas, dari sebelumnya terdeteksi di empat kecamatan kini menjadi 16 kecamatan.

"Penularannya sangat cepat. Saat ini ada 617 ekor sapi yang terkonfirmasi mengalami gejala sakit PMK," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, Tutus Sumaryani di Tulungagung, Senin (20/6/2022).

Dari jumlah itu, kata dia, 233 sudah dinyatakan sembuh, 376 kasus masih aktif, tiga ekor mati dan lima lainnya dipotong paksa. "Prosentase sapi perah yang tertular sekitar 60-an persen dari total populasi sapi," ujarnya.

Populasi sapi di Tulungagung sebanyak 144 ribu ekor sapi potong dan 25 ribu sapi perah. Sapi yang terinfeksi PMK akan alami kurang nafsu makan.

Baca Juga

Hal ini menyebabkan sapi yang terpapar kekurangan nutrisi dan kembung.Kondisi ini ditemukan pada sapi yang ditemukan mati dengan gejala PMK. "Meskipun kami sudah melakukan penindakan berupa penutupan pasar hewan terpadu, tetapi kami juga tidak tahu apakah ada yang mencuri menggunakan jalur lain (jalur tikus)," ujar Tutus.

Upaya pencegahan pun sebenarnya sudah dilakukan dengan menutup sejumlah pasar hewan.Namun, rupanya kebijakan itu tidak sepenuhnya bisa menghalangi aktivitas perdagangan ternak sapi di masyarakat.

Banyak yang mencari celah jalur agar bisa membawa ternak dari luar kota untuk diperjualbelikan di dalam wilayah Tulungagung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sebagian Sapi Warga Pamekasan Positif PMK

Gubernur Khofifah: Ketersediaan Hewan Kurban di Jatim Aman

Pemkab Bogor: 13 Sapi Mati Karena PMK

Kementan: Keberhasilan Vaksinasi PMK Butuh Partisipasi Aktif Peternak

300 Dosis Vaksin PMK Disalurkan untuk Peternak di Malang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark