Selasa 21 Jun 2022 08:44 WIB

Tim Bimasakti UGM Siap Ikuti Ajang Formula Student di Belanda

Tahun 2022 menjadi tahun pertama Tim Bimasakti mengikuti perlombaan secara langsung.

Rep: c01/ Red: Fernan Rahadi
Mobil karya Tim Bimasakti UGM Generasi 11 yang akan berlaga pada ajang Formula Student Netherlands 2022
Foto: Fitria Nurochimah.
Mobil karya Tim Bimasakti UGM Generasi 11 yang akan berlaga pada ajang Formula Student Netherlands 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar acara peluncuran dan pelepasan mobil formula karya Tim Bimasakti dari generasi 11 di Balairung, Senin (20/6/2022). UGM siap melepas Tim Bimasakti untuk  berlaga dalam ajang Formula Student Netherlands. Ajang tersebut akan berlangsung di TT Circuit Assen, Belanda pada 9-14 Juli 2022 mendatang.

Kapten Tim Bimasakti UGM, Aditya Maheranta mengatakan Tim Bimasakti lolos dalam kualifikasi di tiga ajang perlombaan Formula Student, yaitu Formula Student Austria, Formula Student East, dan Formula Student Netherlands. 

“Kami pilih (Formula Student Netherlends-Red) dengan berbagai pertimbangan baik dari segi teknis, taktis, maupun dari segi anggaran. Dan ini merupakan kompetisi yang paling tepat untuk kami ikuti, serta ini menjadi kali pertama tim Formula Student Indonesia berlaga di Tanah Eropa,” kata Aditya dalam sambutannya. 

Tahun 2022 menjadi tahun pertama bagi Tim Bimasakti untuk mengikuti perlombaan secara langsung, setelah sebelumnya sejak 2020 harus mengikuti perlombaan secara daring akibat pandemi Covid-19.

Aditya menjelaskan salah satu hal yang menjadi penyemangat Tim Bimasakti untuk berlaga di Belanda adalah kepercayaan bahwa yang sedang ia dan timnya lakukan bukan hanya untuk diri sendiri maupun universitas melainkan juga untuk Bangsa Indonesia.

Senada dengan hal tersebut, Perwakilan Dosen Pembimbing Tim Bimasakti, Fauzun mengatakan dengan keikutsertaan Tim Bimasakti dalam ajang Formula Student Netherlands diharapakan dapat melahirkan prestasi yang membanggakan tidak hanya bagi Tim Bimasakti tetapi juga bagi UGM serta Indonesia.

Selain itu, Fauzun menjelaskan melalui kompetensi ini diharapakan juga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa baik secara soft skill ataupun hard skill. Sekaligus juga dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun jejaring internasional.

“Jadi kita pilih event ini karena sangat komprehensif. Tidak hanya kompetisi dalam bidang desain dan manufaktur tetapi di dalamnya juga ada kompetisi bagaimana untuk mengorganisasikan pembuatan mobil. Sehingga dalam event ini tidak hanya mahasiswa teknik saja tetapi mahasiswa dari prodi lain juga dapat berpartisipasi,” jelas Fauzun.

Sementara itu, dukungan moril kepada Tim Bimasakti juga diberikan oleh Dekan Fakultas Teknik UGM, Selo. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada Tim Bimasakti untuk terus semangat dan bekerja keras dalam berkompetisi.

“Selamat bertanding kepada Tim Bimasakti, kerahkan yang terbaik. Kerja keras, ini sudah hampir ujung dari prestasi. Tunjukkan kerja keras kita selama ini bahwa UGM, Bimasakti adalah yang terbaik,” ujar Selo. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement