PP Muhammadiyah Terima Silaturahim Dubes Inggris

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

PP Muhammadiyah Terima Silaturahim Dubes Inggris. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.
PP Muhammadiyah Terima Silaturahim Dubes Inggris. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Duta Besar Inggris, Owen Jenkins, melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir mengungkapkan, kunjungan tersebut dilakukan untuk tiga hal.

Pertama, menjalin hubungan yang selama ini sudah bagus dan berjalan baik antara Muhammadiyah dengan Kedutaan Besar Inggris. Kedua, meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan, yang juga sudah berlangsung sejak lama.

Selain itu, pertemuan dilakukan untuk mencari langkah-langkah baru, termasuk Dubes Inggris akan menghubungkan dengan lembaga-lembaga keagamaan di Inggris. Sehingga. terjalin kerja sama yang baik bukan hanya dengan Pemerintah Inggris.

"Tapi, juga lembaga keagamaan dan lembaga kemasyarakatan di Inggris," kata Haedar, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga

Ketiga, PP Muhammadiyah menyampaikan tentang kondisi Muhammadiyah dan umat Islam Indonesia yang moderat, modern, damai, toleran dan menjunjung tinggi pluralitas. Haedar mencontohkan aksi nyata Muhammadiyah di Papua, NTT dan timur Indonesia lain.

"Yang gerakannya non diskriminasi juga tidak memandang budaya, agama, suku, ras, dan lain-lain," ujar Haedar.

Haedar menyampaikan apresiasi atas kunjungan kali ini. Ia berharap, kunjungannya bisa meningkat lagi seperti mengundang petinggi-petinggi Kerajaan Inggris untuk berkunjung universitas dan sekolah Muhammadiyah, termasuk Madrasah Mu'allimin.

Pada kesempatan itu, Dubes Inggris, Owen Jenkins menuturkan, kunjungan ini jadi yang pertama dilakukannya ke PP Muhammadiyah. Karenanya, ia sangat berterima kasih atas jamuan yang disiapkan Muhammadiyah dalam menyambut kedatangannya.

Kedutaan Besar Inggris, lanjut Owen, memang sudah memiliki kerja sama yang terjalin cukup lama dengan Muhammadiyah, dan semakin meningkat. Ia menyambut sangat baik komitmen Muhammadiyah, terutama dalam rangka menjaga pluralitas.

Selain itu, ia memuji komitmen Muhammadiyah dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan senantiasa menjaga toleransi. Serta, menghormati dan mengapresiasi langkah Muhammadiyah dalam perubahan iklim.

"Kami sangat menghormati dan mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pihak Muhammadiyah dalam menjaga lingkungan," kata Owen. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Muhammadiyah Berharap Film Buya Hamka Sepadan dengan Ketokohannya

MPM Muhammadiyah Gulirkan Lagi Pengajian Inklusi

Substansi Halal Bihalal adalah Silaturahim dan Berkah

Miliki Tanah Hibah 28 Hektar, Muhammadiyah Filipina Berharap Dirikan Universitas

Bentuk Silaturahim yang Membuat Rezeki Bertambah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark