356 Jamaah Calon Haji Banyumas Diberangkatkan ke Tanah Suci

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Pemberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Banyumas.
Pemberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Banyumas. | Foto: Idealisa Masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Rombongan 356 jamaah calon haji tahun 1443 H asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dilepas oleh Bupati Banyumas Achmad Husein di GOR Satria Purwokerto, Rabu (22/6/22) pagi. Mereka diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan.

Sebelumnya pada Rabu (22/6/2022) pukul 00.00 WIB, sebanyak 53 calon jamaah haji asal Banyumas telah berangkat menuju Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria Purwokerto dan dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Tri Lastiono.

Mereka terdiri dari 24 laki laki dan 29 perempuan dengan calhaj termuda Rahajeng Prambudi Nurmaindah (34 THN) dan tertua Kunarso Yugo Saputro (64) Tahun. Mereka akan bergabung dengan calon jamaah haji asal Kebumen.

Sementara kloter 29 yang berjumlah 356 calhaj yang terdiri 150 laki-laki dan 206 perempuan akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria Purwokerto Rabu (22/6/22) pukul 09.00 WIB. Dalam rombongan ini, calhaj termuda Muhammad Isa Al Arsari (18 tahun) dan tertua Agus Fathoni (64 tahun).

Sebagai calon haji termuda, Muhammad Isa Al Arsari (18 tahun) pemuda asal Kemrajen ini mengungkapkan rasa harunya akan berangkat haji. Isa, panggilannya, berangkat haji menggantikan ayahnya yang telah meninggal dunia. "Senang, susah, sedih karena bapak nggak bisa berangkat," ujar Isa, yang berangkat haji bersama ibunya.

Bupati Banyumas Achmad Husein  dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada para jamaah calon haji Kabupaten Banyumas yang berhasil melewati masa pandemi dan dapat menunaikan ibadah rukun kelima ke Tanah Suci.

"Ini adalah pertama kalinya haji diselenggarakan sejak ada pandemi. Mengingat pandemi belum sepenuhnya selesai saya ingatkan bapak ibu untuk tetap disiplin protokol kesehatan," ujar Bupati Banyumas Achmad Husein saat memberikan sambutan sebelum melepas rombongan.

Ia pun mengingatkan agar para calon jamaah haji untuk tetap selalu menjaga kesehatan fisik, dan jangan memaksakan diri apabila kondisi tubuh sedang tidak fit. Selain itu, perbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi.

Bupati menambahkan, masyarakat dan Pemkab Banyumas juga mendoakan agar perjalanan calon jamaah haji aman, lancar dan tanpa rintangan, tiba di Tanah Suci dengan sehat dan selamat.

"Didoakan semua kembali ke Banyumas dalam kondisi sehat, bahagia dan selamat dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga di Kabupaten Banyumas, dan yang paling penting yakinkan diri untuk menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan maburoh," ujar bupati.

Setelah itu bupati beserta istri melepas rombongan bis dan ikut dalam bis 1 jamaah haji. Sedangkan jamaah terakhir sejumlah 99 calhaj yang terdiri dari 57 laki laki dan 42 perempuan akan diberangkatkan Kamis dini hari pukul 01.00 WIB. Calhaj ini akan bergabung dengan calhaj dari Kabupaten Brebes.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Mendekati Keberangkatan Calon Jamaah Haji Diimbau tak Banyak Terima Tamu

Safira Hasna Nada dari Banyumas Juara 3 Putri Otonomi Indonesia 2022

Tiga Calon Jamaah Haji Ambon Batal Berangkat

Calon Jamaah Haji Kloter I Provinsi Riau Diberangkatkan, Ini Pesan Gubernur 

Barang-barang Sitaan dari Calon Jamaah Haji

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark