Kamis 23 Jun 2022 22:40 WIB

Sleman Perbanyak Jemput Bola Pelayanan Adminduk

Penyerahan kendaraan dilakukan secara simbolis dari Bank BPD DIY kepada Bupati Sleman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Perbanyak Jemput Bola Pelayanan Adminduk (ilustrasi).
Foto: Antara/Seno
Sleman Perbanyak Jemput Bola Pelayanan Adminduk (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, menerima kendaraan untuk jemput bola pelayanan administrasi kependudukan di Kalurahan Sidoarum. Kendaraan berupa satu unit mobil dan berasal dari program TJSP dari Bank BPD DIY kepada Pemkab Sleman.

Penyerahan kendaraan dilakukan secara simbolis dari Bank BPD DIY kepada Bupati Sleman. Dalam sambutannya, Kustini Purnomo, menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian pemangku kepentingan dalam pembangunan di Kabupaten Sleman.

Baca Juga

Untuk itu, Pemkab Sleman terus mengajak dan selalu membuka peluang partisipasi seluruh pemangku dalam pelaksanaan kegiatan TJSP di Kabupaten Sleman. Kustini menekankan, Pemkab Sleman siap berkolaborasi dalam rangka pemulihan ekonomi.

Kemudian, peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin, baik melalui keterlibatan sektor UMKM maupun dalam pemberian berbagai bantuan ke masyarakat miskin. Maka itu, ia menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPD DIY.

 

"Kami berharap, bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan sarana transportasi terkait pelayanan administrasi kependudukan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat Sleman," kata Kustini, Kamis (23/6/2022).

Dalam layanan kependudukan, Pemkab Sleman telah memiliki inovasi lewat Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) daring. Selain itu, ada Integrasi Dokumen Layanan Kependudukan (Idola) dan Keluarga Duka Desa Siaga (Lukadesi).

"Layanan kependudukan jemput bola untuk penyandang disabilitas, siswa SLB maupun warga panti asuhan," ujar Kustini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman, Susmiarto, turut mengingatkan terkait pentingnya dokumen kependudukan. Data tersebut tidak cuma menjadi identitas seseorang, namun juga sebagai pintu akses berbagai kebutuhan.

Termasuk, lanjut Susmiarto, keperluan perbankan. Selama 2022, kegiatan jemput bola ini menjadi kegiatan rutin. Sehingga, ia menekankan, mereka terus bergerak, tidak hanya untuk memenuhi target dalam pelayanan administrasi kependudukan. "Namun, juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sleman," kata Susmiarto.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menekankan, bantuan untuk program TJSP tersebut memang diniatkan sebagai wujud persembahan bank BPD DIY. Terutama, dalam rangka mempermudah akses masyarakat Sleman untuk memenuhi hak-haknya.

"Mobil ini kami persembahkan supaya masyarakat Sleman dapat terpenuhi hak-haknya, terutama terkait keperluan perbankan. Insya Allah melalui kendaraan ini, kesejahteraan masyarakat Sleman dapat terus meningkat," ujar Santoso. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement