Wabup Sleman Dorong Kaum Muda Berperan Jaga Toleransi Umat Beragama

Red: Muhammad Fakhruddin

Wabup Sleman Dorong Kaum Muda Berperan Jaga Toleransi Umat Beragama (ilustrasi).
Wabup Sleman Dorong Kaum Muda Berperan Jaga Toleransi Umat Beragama (ilustrasi). | Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,Danang Maharsamendorong kaum muda memperkuat kesatuan bangsa dengan menjaga toleransi dan kerukunan antarumatberagama.

"Untuk itu saya mengajak generasi muda agar bijak dalam memahami sesuatu hal dengan tidak mudah terprovokasi dan tetap mengedepankan rasa toleransi," kata Danang dalam Seminar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Berbah, Sleman, Selasa (28/6/2022).

Dia menambahkan rasa toleransi antarumat beragama harus mulai dikenalkan dan dijaga sejak dini, khususnya oleh kaum muda yang cenderung mengikuti perkembangan teknologi informasi. "Menanamkan rasa toleransi kepada generasi muda merupakan hal yang sangat penting, terlebih generasi muda saat ini cenderung mengikuti perkembangan teknologi informasi," katanya.

Dia menilai kegiatan seminar FKUB menjadi sangat penting diikuti oleh anak muda supaya mereka memiliki pemahaman terkait kerukunan umat beragama.

Baca Juga

Sementara itu, terkait perkembangan teknologi informasi, dia mengatakan hal itu harus dimanfaatkan sebagai hal positif karena tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan akses informasi dapat menjadi kesempatan untuk menyebarluaskan hoaks dan narasi negatif untuk memecah persatuan bangsa Indonesia.

Dia berharap generasi muda banyak mengisi kegiatannya dalam berbagai kegiatan positif baik di dunia kreatif, seni, dan budaya. "Dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dalam suatu wilayah, perlu sinergismeantara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali para generasi muda baik yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan maupun tidak," jelasnya.

Seminar FKUB tersebut diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman dengan menyasar generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi sosial di daerah tersebut. "Generasi muda dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai upaya memberi pemahaman terkait nilai-nilai toleransi untuk mewujudkan kerukunan umat beragama," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Sutopo.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sleman Selenggarakan Sosialisasi Program Beasiswa PKH

Cegah Radikalisme, Alumni Al Azhar Banten: Ajarkan Mazhab-Mazhab Islam 

Wabup Sleman: Langkah Preventif Penyalahgunaan Narkoba Ditingkatkan

Pancasila Dinilai Menyatukan Perbedaan dan Keanekaragaman

Arab Saudi Teguhkan Toleransi dan Berkomitmen Lawan Radikalisme Ekstremisme

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark