1.601 Personel Amankan Pilkades Serentak di Temanggung

Red: Muhammad Fakhruddin

1.601 Personel Amankan Pilkades Serentak di Temanggung (ilustrasi).
1.601 Personel Amankan Pilkades Serentak di Temanggung (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Sebanyak 1.601 personel dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 37 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada 30 Juli 2022.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi menyebutkan petugas terdiri atas 386 personel Polri, 105 personel TNI, dan 1.110 personel linmas. Khusus personel Polri, katanya, terdiri atas 45 personel Brimob Polda Jateng, 20 personel Jatanras Polda Jateng, 31 personel Dalmas Polres Wonosobo, dan 290 personel Polres Temanggung.

Agus Puryadi menyampaikan tugas aparat keamanan adalah menjaga pesta demokrasi tingkat desa itu. "Warga harus mendapat jaminan keamanan saat pesta demokrasi. Setelah apel ini personel langsung ditempatkan di wilayah tugas masing-masing," katanya usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Temanggung Tahun 2022 di Polres Temanggung, Rabu (29/6/2022).

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo saat memimpin apel pengaman pilkadesmenyampaikan pada hakikatnya pengamanan pilkadesmerupakan kegiatan yang diarahkan ke beberapa aspek, antara lain aspek pelayanan, perlindungan, dan pengayoman masyarakat.

Baca Juga

Kemudian, katanya, aspek keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan pilkades itu sendiri mencakup kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan yang berlaku.

Sementara aspek gangguan kamtibmas lainnya, papar dia, meliputi bencana alam, pelanggaran perda, dan wabah COVID-19 yang sampai saat ini masih terjadi. Aspek kriminalitas, baik itu kejahatan tradisional, konvensional, dan kejahatan transnasional, seperti pencurian, perusakan, pemalsuan, perkelahian, unjuk rasa, dan teror bom.

Ia menyampaikan agar pengamanan pilkadesterlaksana optimal diperlukan kerja sama antara TNI/Polri, lintas sektoral, instansi terkait bersama unsur calon kades sehingga terbentuk suatu kesatuan utuh dan tangguh dengan sasaran Temanggung tetap aman, tertib, dan lancar tanpa ada gangguan maupun hambatan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Temanggung Memiliki Indikasi Geografis Terbanyak di Jateng

Pemkab Sidoarjo Serahkan Dua Truk ke Polres untuk Pengamanan Pilkades

149 Ekor Sapi di Temanggung Terjangkit PMK

Temanggung PTM 100 persen Awal Tahun Ajaran Baru

Pemeriksaan Hewan Ternak di Pasar Hewan Ngadirejo

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark