Tingkatkan Dosen Menulis, LPIP UMP Gelar Workshop Ilmiah Populer

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMP.
Kampus UMP. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar workshop pelatihan penyusunan buku referensi ilmiah di ruang aula AK ANSHORI lantai 3 gedung rektorat.

 

Kepala bidang UMP Press & Repositori, Totok Haryanto, mengungkapkan kegiatan workshop pelatihan bertujuan meningkatkan minat dosen untuk menulis.

“Acara workshop penulisan buku referensi ilmiah populer itu merupakan suatu acara yang kita gagas dan kita adakan dengan tujuan untuk menguatkan minat para dosen khususnya para dosen yang punya kemampuan dan minat tinggi untuk menulis buku,” ujarnya.

Menurutnya, dosen harus memiliki track record yang baik dalam bidang akdemik agar karya-karyanya dapat dijadikan referensi dan samakin memiliki reputasi.

“Agar para dosen itu punya track record bagus dalam bidang akademik seperti buku, mereka akan punya karya yang bisa di jadikan salah satu sumber acuan atau referensi bagi para pembacanya. Track record berikutnya adalah dosen semakin banyak karya ilmiah dan salah satu buku maka dia akan semakin punya reputasi,” kata dia.

Lebih lanjut ia berharap, minat tulis dari para dosen dapat semakin meningkat, kemampuan dalam menulis perlu dikembangkan, perlu diarahkan, dan dilatih. Salah satu peserta workshop yang juga dosen fakultas Teknik Laboraturium Medik UMP Kurniawan mengatakan kegiatan dapat meningkatkan motivasi dosen untuk menulis buku referensi populer.

“Kalau dilihat dari narasumber nya sudah kompeten, karena dari LSP penulisan. Materinya cukup menarik dan memang bahasanya sederhana mudah dicerna sehingga peserta lebih mudah memahami dan kami termotivasi untuk berani menulis,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan acara workshop ini juga menjadi kesempatan untuk dosen dapat meningkatkan jenjang karir melalui akademik dengan membuat tulisan jurnal maupun buku refrensi populer.

“Kesempatan bagi dosen untuk menulis sebanyak-banyaknya untuk kepentingan jabatan fungsional maupun untuk jenjang karir dosen yang memang ada kewajiban untuk membuat penulisan-penulisan selain jurnal buku-buku ajar dan buku referensi,” ujar dia.

Ia berharap dapat mengetahui ilmu tentang penulisan yang  baik sehingga dapat membantu dalam proses perkuliahan.

“Ingin sekali mendapatkan ilmu atau dasar yang baik sehingga nanti benar-benar bisa menulis buku refrensi ilmiah populer dengan baik dan benar sehingga nantinya bisa membantu perkuliahan khususnya dosen dalam mengajar sehingga proses belajar mengajar jauh lebih optimal,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark