Senin 04 Jul 2022 21:37 WIB

Pemkab Sidoarjo Betonisasi Jalan Sepanjang 176 Kilometer

Pihaknya optimistis semua titik pemeliharaan jalan bisa rampung tahun ini.

Pemkab Sidoarjo Betonisasi Jalan Sepanjang 176 Kilometer (ilustrasi).
Foto: Antara/Tommy Saputra
Pemkab Sidoarjo Betonisasi Jalan Sepanjang 176 Kilometer (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SIDOARJO -- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan betonisasi jalan sepanjang 176 kilometer yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan, pihaknya akan terus menggenjot sisa betonisasi di 17 titik ruas jalan dengan panjang 21 kilometer."Sebagian sudah dalam proses pengerjaan serta dalam tahap lelang," ujarnya.

Baca Juga

Ia mengatakan, sebanyak 17 ruas jalan yang dibeton, yakni ruas jalan Krian - Kemangsen, Pabean - Ngingas, Wonoayu - Candi Negoro, Panjunan - Suko (DAK), Panjunan - Suko (Desa Masangan Kulon Sukodono), Krembung - Kepadangan, Semambung - Sedati Gede, Sidorejo - Barengkrajan, Pawindo - Jatikalang, Tulangan - Kepadangan, Kepadangan - Bulang, Simpang Tiga Tulangan, Betro - Kalanganyar, Gedangan - Betro, Pilang - Tulangan, Kebonagung - Kemasan dan Pabean - Wadungasri.

Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo itu, menargetkan pekerjaan betonisasi jalan kabupaten tahun ini akan tuntas tepat waktu karena sebagian besar proyek tersebut sudah masuk dalam tahap lelang.

 

Dirinya optimistis dalam dua tahun ke depan, yakni 2023-2024 ruas jalan kabupaten mayoritas sudah betonisasi terutama jalan dengan trafik kendaraan yang tinggi seperti di ruas Jalan Jatikalang-Pawindo yang saat ini pengerjaannya sudah hampir selesai.

"Termasuk ruas jalan Betro-Kalanganyar Kecamatan Sedati juga sudah dalam pengerjaan. Pembangunan Jalan Masangan Kulon Kecamatan Sukodono sudah proses beton," ujar Gus Muhdlor.

Plt. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Sumber Daya Air (BM SDA) Rizal Asnan menyampaikan, dari 17 titik ruas jalan yang dibeton ini sebanyak sembilan titik sudah dalam tahap pengerjaan dan sisanya tahap proses lelang.

"Sudah tahap proses lelang, bulan Juli ini kurang lebih sekitar 45 persen. Untuk proyek betonisasi yang sudah dikerjakan sekitar 9 titik atau sekitar 55 persen," ujar Rizal.

Untuk proyek pemeliharaan, lanjut Rizal, pihaknya optimis semua titik pemeliharaan jalan bisa rampung tahun ini. "Progres yang sudah selesai dan proses dikerjakan sekitar 30 persen dari jumlah 68 titik ruas jalan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement