Antisipasi PMK, Polres Madiun Siagakan Pos Checkpoint di Perbatasan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022.
Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022. | Foto: BNPB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Polres Madiun Kota bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Satpol PP, dan Dishub mendirikan Pos Checkpoint PMK dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Pos Checkpoint PMK didirikan di titik-titik masuk menuju Kota Madiun, untuk melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang memuat hewan ternak yang masuk ke kota setempat.

"Agar kasus PMK pada hewan ternak ini tidak menyebar dan segera dapat kita tangani," kata Kasubagbinops Bagops Polres Madiun Kota, AKP Yulis Hary, Selasa (5/7/2022).

Kapolres Madiun Kota, AKBP Suryono mengatakan, pihaknya telah menyiagakan personel di beberapa titik yang menjadi lokasi atau pintu masuk ke wilayah hukum Polres Madiun Kota. Personel gabungan tersebut yang nantinya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengangkut hewan ternak dari luar daerah.

Suryono menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menolak pengiriman hewan ternak masuk ke wilayah hukum Polres Madiun Kota apabila tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal. Hewan ternak yang tidak dilengkapi surat-surat resmi, kata dia, berpotensi membawa dan menyebarkan virus PMK.

“Jika tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal sapi atau kambing tersebut, maka akan kita tolak karena dikhawatirkan membawa virus PMK,” ujar Suryono.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


94 Ribu Vaksin PMK Asal Prancis Tiba di Indonesia

Ketua DPD Soroti Lambatnya Penanganan Penyakit PMK

Wabah PMK, Legislator Ingatkan Masyarakat Ikuti Fatwa MUI Memotong Hewan Qurban

Bupati Tangerang Pastikan Pelaksanaan Shalat Idul Adha Terapkan Prokes

55 Sapi Terjangkit PMK di Bali Telah Dimusnahkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark