Cakupan Vaksinasi Penguat di Yogyakarta Capai 88 Persen

Red: Yusuf Assidiq

Warga mengikuti vaksin booster Covid-19 di Dinas Kesehatan Yogyakarta.
Warga mengikuti vaksin booster Covid-19 di Dinas Kesehatan Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Program pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau dosis penguat sudah mencakup sekitar 88 persen dari total 296.420 warga yang menjadi sasaran vaksinasi di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Capaian vaksinasi primer, dosis pertama dan kedua, sudah lebih dari 200 persen dan untuk booster (penguat) pun sudah cukup tinggi, 88 persen," kata Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi di Yogyakarta, Rabu (6/7/2022).

Sumadi mengatakan bahwa mpai cakupan vaksinasi penguat mencapai 100 persen sasaran di Kota Yogyakarta. "Terlebih ada rencana aturan dari pemerintah untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan syarat vaksinasi booster," katanya.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat mengenai pemberlakuan syarat vaksinasi penguat dalam pelaksanaan aktivitas di tempat umum.

"Pastinya kami akan sejalan dengan kebijakan pusat sebagai upaya mengendalikan kasus," katanya.

Meskipun dalam beberapa hari terakhir kembali terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta, Sumadi menilai penambahan kasus masih terkendali.

"Imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan tetap dilakukan. Lebih baik selalu menggunakan masker saat menjalankan aktivitas, termasuk di luar ruang," ujarnya.

Dia juga mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan karena tingkat keramaian meningkat bersamaan dengan datangnya banyak wisatawan selama libur sekolah.

Berdasarkan data pemerintah kota, penderita Covid-19 yang masih menjalani karantina di Kota Yogyakarta pada Selasa (5/7) sebanyak 42 orang, setelah ada penambahan sembilan kasus baru dan satu pasien dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, pelayanan vaksinasi covid penguat tetap disediakan secara di puskesmas dan rumah sakit.

Warga bisa mengakses pelayanan itu dengan melakukan pendaftaran di fasilitas yang disediakan oleh masing-masing penyedia pelayanan kesehatan.

Emma mengatakan bahwa cakupan vaksinasi penguat di Kota Yogyakarta jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cakupan vaksinasi penguat di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta rata-rata 35,9 persen. Cakupan vaksinasi penguat di Kabupaten Sleman tercatat 37,8 persen, Gunungkidul 29,3 persen, Kulonprogo 24,7 persen, dan Bantul 23,9 persen.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kota Beijing Wajibkan Vaksinasi untuk Masuki Tempat Publik

BIN Adakan Vaksinasi Covid-19 di Kota Tua

Pemkot Jakut Memvaksinasi Ratusan Orang di Kamal Muara

Kasus Covid-19 Meningkat, Ini Saran Pakar

China Kembali Hadapi Gelombang Baru Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark