Peternak di Tulungagung Keluhkan Minimnya Tenaga Kesehatan Hewan

Red: Nidia Zuraya

Peternak memberi pakan kepada sapi mereka di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. ilustrasi
Peternak memberi pakan kepada sapi mereka di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. ilustrasi | Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Sejumlah peternak mengeluhkan minimnya jumlah tenaga kesehatan hewan yang ditugaskan di desa-desa dan kelurahan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur sehingga menyebabkan kinerja layanan tidak optimal."Musim (wabah) PMK begini seharusnya mantri (petugas kesehatan) hewan ditambah," ucap Oni, salah satu peternak sapi perah di Kecamatan Pagerwojo, Rabu (6/7/2022).

Keterbatasan SDM menyebabkan kinerja para petugas lapangan sering terkendala jarak sementara banyaknya ternak yang terjangkit PMK.Akibatnya, banyak ternak warga yang mati. 

Petugas pun tak bisa berbuat banyak lantaran kondisi ternak yang sudah terlanjur buruk.Untuk menghindari kerugian lebih, beberapa peternak menjual sapinya jauh dari harga pasaran. Nominalnya antara Rp1 juta hingga Rp 2 juta.

Padahal normalnya, harga sapi dewasa berkisar sekitar Rp 20 jutaan. Banyak dari peternak yang membeli sapi dengan uang piijaman dari bank. 

Baca Juga

Saat terjadi PMK, sapi itu dijual dengan harga murah.Sementara itu Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, Titis Sumariyani akui jika dokter hewan dari dinas yang ada sangat terbatas.

Untuk Kecamatan Pagerwojo dan Sendang hanya ada satu tenaga dokterPadahal jumlah populasi sapi di dua kecamatan itu mencapai puluhan ribu ekor. "Kalau Sendang-Pagerwojo dokter hewan dari dinas cuma. Sementara sapi yang 'terkena' milik satu orang," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Wakil Ketua DPRD Jatim Minta Pemprov Maksimalkan BTT untuk Tangani PMK

Pemkab Probolinggo Butuh Rp 13 Miliar untuk Penanganan PMK

935 Ekor Sapi di Aceh Timur Dinyatakan Sembuh dari PMK

Pemkab Batang Intensifkan Vaksinasi PMK dan Pengawasan Hewan Ternak

DMI Jember Imbau Masyarakat tak Panik dengan Wabah PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark