Plt Gubernur Jatim Imbau Peternak Kooperatif Laporkan Kondisi Hewan

Red: Muhammad Fakhruddin

Plt Gubernur Jatim Imbau Peternak Kooperatif Laporkan Kondisi Hewan (ilustrasi).
Plt Gubernur Jatim Imbau Peternak Kooperatif Laporkan Kondisi Hewan (ilustrasi). | Foto: Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID,PASURUAN -- Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengimbau para peternak untuk kooperatif melaporkan kondisi hewan ternak yang terindikasi terdampak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Jangan takut terhadap stigma negatif, sebab kalau tidak segera diobati dan divaksin maka akan lebih berbahaya akibatnya," ujar dia saat meninjau peternakan sapi perah "Anjasmoro" di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/7/2022). 

Ia mengaku memahami ketakutan para peternak yang khawatir ternaknya mengalami penurunan harga tajam jika dijual. Namun, orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut berharap perlunya sinergitas peternak agar sedini mungkin menginformasikan kalau ada ternak terdampak.

"Jangan berpikir nanti malah rugi kalau lapor, takut sapinya dicap sebagai sapi sakit dan harganya makin murah. Sebab itu tidak menolong juga dan paramedis pasti membantu," ucap dia.

Baca Juga

Selain itu, masih adanya peternak yang enggan hewannya disuntik vaksin, diharapkan tidak terjadi lagi sebab akan semakin membuat PMK cepat menular. "Sangat diperlukan edukasi juga dari berbagai pihak. Jangan sampai ada peternak termakan isu-isu yang menyebut hewan akan semakin sakit jika divaksin," kata Emil Dardak.

Terkait format bantuan, mantan Bupati Trenggalek itu menjelaskan saat ini sedang dimatangkan lebih lanjut oleh Pemerintah Pusat sehingga di daerah masih menunggu hasilnya. "Untuk saat ini, kami melalui Dinas Peternakan akan berkoordinasi dan melibatkan jejaring dunia usaha yang memperoleh susunya dari sini. Kalau semua pihak mau peduli, Insya Allah pemulihan ini akan baik," tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan sama juga diberikan bantuan sarana pendukung dan obat-obatan PMK bagi Kelompok Peternak Anjasmoro. Bantuan obat-obatan ternak antara lain berupa disinfektan, analgesik, antihistamine (prodryl), antibiotik (amoxy 15 persen LA), vitamin (fertilizer), injectamin, spuit 10 cc (isi 100 per boks).

Tak itu saja, Emil Dardak yang didampingi Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad dan Pj Sekda Kabupaten Pasuruan Ahmad Khasani juga memberikan sebanyak 30 paket sembako untuk warga setempat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Jelang Idul Adha, DPRD Klungkung minta Pemda Gencarkan Pencegahan PMK

Wakil Ketua DPRD Jatim Minta Pemprov Maksimalkan BTT untuk Tangani PMK

Hidangkan 5.236 Porsi, Festival Kuliner Rawon di Probolinggo Raih Rekor MURI

Pemkab Probolinggo Butuh Rp 13 Miliar untuk Penanganan PMK

935 Ekor Sapi di Aceh Timur Dinyatakan Sembuh dari PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark