Growth Festival UII 2022 Dorong Pemanfaatan Hasil Riset

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Suasana kampus UII.
Suasana kampus UII. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gelaran bertajuk Growth Festival 2022 hadir secara luring setelah sebelumnya digelar secara daring karena pandemi Covid-19. Growth Festival merupakan kegiatan berskala Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Agenda menggandeng mitra strategis dalam penta-helix ekosistem kewirausahaan. Dikoordinir Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh, Direktorat Kemitraan/Urusan Internasional dan Inkubator Bisnis dan Teknologi IBISMA.

Growth Festival juga mendapat dukungan Erasmus+ GITA. Ada University of Gloucestershire Inggris, University of Innsbruck Austria, Technology University of Dublin Irlandia, Fachhochschule des Mittelstands University Jerman, dan Erasmus+ ANGEL.

Direktur Simpul Tumbuh UII, Dr Arif Wismadi mengatakan, tujuan Growth Festival mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian dan invensi perguruan tinggi. Lalu, berbagai macam aktivitas pengembangan kewirausahaan dari civitas akademika.

"Dihilirisasi dan dikomersialisasi demi selesaikan berbagai persoalan bangsa melalui inovasi. Serta, berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam usaha membangun ekosistem kewirausahaan dan UMKM di DIY, Jateng, dan nasional," kata Arif, Rabu (13/7/2022).

Tahun ini, Growth Festival mengusung tema Land of Future dan berlangsung pada 13-14 Juli 2022. Hari pertama dibuka dengan Welcome Remarks oleh Rektor UII Prof Fathul Wahid dan Opening Speech oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Dilanjutkan penyampaian Keynote Speech Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi. Kemudian, ada bincang-bincang Technology Talkshow yang dibawakan CEO Hacklab Rocks, Indra Haryadi.

Setelahnya, ada Business Talkshow yang dipaparkan Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (Aditif), Saga Iqranegara. Hari kedua dimulai acara Diseminasi Riset Unggulan Inovatif UII dalam rangka Milad UII yang dibagi dalam tiga sesi.

Panel mitra dalam negeri ada VaccarBio, Algist, dan Yamaha. Panel luar negeri ada Indonesia TRIZ Association dan Jurusan Teknik Mesin, Psikologi, dan Informatika. Deputi Direktur IBISMA UII, Bagus Panuntun menuturkan, agenda dilanjut Open Pitching.

"Yang akan diikuti 12 tenant IBISMA dengan reviewer Direktur PT Sarana Yogya Ventura, Gregorius Puspito Sukindro, Kadiv Investasi PT Sarana Yogya Ventura, Yuliantono, Regional Head UMG Idealab, Tiara Della, dan Amadea dari Block71," ujar Bagus.

Growth Festival 2022 memberikan penghargaan kepada Dinas Koperasi dan UKM DIY sebagai mitra strategis dalam pengembangan ekosistem kewirausahaan. Serta, ke tenant-tenant peraih Hibah Pra-Startup, Hibah UII Business Solution Challenges.

Sebagai bentuk apresiasi, UII turut menghadirkan Cakka Nuraga sebagai bintang tamu untuk memeriahkan Growth Festival 2022. Kemudian, Growth Festival 2022 ditutup Wakil Rektor Kemitraan dan Kewirausahaan UII, Ir Wiryono Raharjo.

 

Terkait


BRIN Fasilitasi Pengujian Produk Inovasi

UMS Gelar Konferensi Internasional Cakup 10 Bidang Sekaligus

Kembangkan Kampus Riset Sebagai Bagian dari Dakwah

UMKM Harus Bisa Pahami Tren Pasar Dunia

Hasil Riset Harus Jawab Kebutuhan Masyarakat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark