UMS Jadi Pelaksana PWM Pertama di Jateng-DIY

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMS.
Kampus UMS. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA - Tim pengusul Program Wirausaha Merdeka (PWM) dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil terpilih dari 17 Perguruan Tinggi (PT) PWM di Indonesia. Dan satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Tim Pengusul Program Wirausaha Merdeka, Suranto, mengungkapkan rasa syukurnya. Pasalnya UMS terpilih menjadi salah satu dari 100 pengusul proposal baik dari PT negeri maupun swasta.

"Alhamdulillah, UMS menjadi penyelenggara program terpilih dari regional Jateng-DIY. Salah satunya karena UMS memiliki studi inkubator wirausaha bisnis dan punya latar belakang UMS sebagai salah satu kampus terbaik dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah sebagai pelaksana kegiatan MBKM," ujar Suranto.

Menurut dia, PWM berkaitan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keterkaitan dan relevansi ini mampu mendukung adanya program tersebut. "Melihat satu di antara delapan aktivitas MBKM adalah wirausaha sehingga UMS dipilih sebagai penyelenggara kegiatan dari Kemendikbud Ristek," ungkapnya.

Senada dengan itu, Wakil Rektor I, Joko Prayitno mengatakan, banyak pihak yang terlibat mendukung yang berakhir menerima PWM. Sebab, antar elemen pendidikan di kampus saling bersinergi.

"Banyak elemen yang turut mendukung dalam usulan program ini, seperti Lembaga Riset dan Inovasi (LRI), Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPPM), Lembaga Jaminan Mutu (LJM) dan pimpinan juga banyak mendukung dalam keberhasilan UMS menjadi salah satu penerima program PWM," kata dia.

Menurut Harun, dalam kesiapan ini, UMS sudah menyiapkan fasilitas, materi, dan instruktur yang memiliki pengalaman di bidangnya dan juga fasilitas pendukung lainnya. "Kami berharap dengan adanya program ini mampu melahirkan generasi muda yang lahir dan mahir dalam dunia wirausaha," tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pelantikan dan Reorganisasi Unit Kegiatan Mahasiswa UMS Tahun 2022

Prodi Pendidikan Olahraga UMS Gelar Festival Permainan Tradisional

UMS Kembali Gelar Pelatihan Teknologi Instruksional Periode ke-8

Menko Muhadjir Kunjungi Lokasi Muktamar Muhammadiyah di Solo

Lewat Qiyamul Lail, UMS Implementasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark