Lima Desa di Wonosobo Dapat Pendampingan Layanan Perlindungan Anak

Red: Muhammad Fakhruddin

Lima Desa di Wonosobo Dapat Pendampingan Layanan Perlindungan Anak (ilustrasi).
Lima Desa di Wonosobo Dapat Pendampingan Layanan Perlindungan Anak (ilustrasi). | Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK

REPUBLIKA.CO.ID,WONOSOBO -- Sebanyak lima desa di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mendapat pendampingan layanan perlindungan anak dalam program Safe and Friendly Environment for Children (SAFE4C).

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyebutkan lima desa yang mendapat pendampingan tersebut, yakni Pakuncen, Bumiroso, Kalikajar, Tanjunganom, dan Timbang. SAFE4C merupakan program kerja sama Pemkab Wonosobo, Yayasan Setara, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah dan didukung oleh UNICEF Indonesia. Program ini untuk membangun lingkungan aman dan ramah bagi anak.

"Program yang sudah berjalan sejak tahun lalu ini telah mendampingi 10 desa di Wonosobo dan tahun ini melakukan pendampingan lagi di lima desa," katanya pada peluncuran program SAFE4C, Jumat (22/7/2022).

Layanan perlindungan anak di Kabupaten Wonosobo dimulai dari penguatan layanan untuk anak, penguatan kapasitas pengasuhan positif oleh orang tua, dan penguatan kapasitas anak remaja guna menjadi pelopor gemilang masa depan.

Baca Juga

Afif meminta program ini tidak sebatas peluncuran namun harus benar-benar ada tindak lanjut yang konkret dalam mewujudkan lingkungan yang aman dan ramah serta mampu melindungi tumbuh kembang anak di Wonosobo.

Ia berharap, program SAFE4C di lima desa binaan yang saat ini sedang berjalan mampu menjadi pelopor bagi desa lainnya di Kabupaten Wonosobo dan Provinsi Jawa Tengah sehingga program ini terus bergulir dari desa ke desa. Peluncuran program SAFE4C yang dihadiri perwakilan dari Yayasan Setara, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah, UNICEF Indonesia, dan utusan lima desa wilayah program sasaran ini ditandai Bupati Afif menggambar simbol hati sebagai penanda Wonosobo semakin berkomitmen terhadap perlindungan anak.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Kasus Perundungan Tasikmalaya Jadi Pengingat Pentingnya Perlindungan Anak

Pemprov Jateng Berkomitmen Lindungi Anak dari Berbagai Kekerasan

Presiden Jokowi Teken Aturan Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak

Depok Adakan Seminar Gerakan Perlindungan Anak

Bupati Wonosobo Minta Awak Angkutan Lebaran Vaksinasi Penguat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark