JPM Tingkatkan Nilai Ekonomi UMKM Lewat Kontes Tanaman Hias

Red: Fernan Rahadi

Suasana di Jakarta Plant Market (JPM), di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, yang akan digelar 29-31 Juli 2022.
Suasana di Jakarta Plant Market (JPM), di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, yang akan digelar 29-31 Juli 2022. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan aneka jenis tanaman, termasuk tanaman hias. Tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang ditawarkan pelaku UMKM.

Untuk semakin menggairahkan semangat pecinta tanaman hias dan menambah penghasilan pelaku UMKM, digelarlah Jakarta Plant Market (JPM), di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, 29-31 Juli 2022.

Menurut Ketua Pelaksana Jakarta Plant Market, Andri Satriawan, JPM adalah salah satu event kontes tanaman hias yang sangat mengapresiasi perkembangan tanaman hias. 

"Perkembangan tanaman hias di Tanah Air sangat luar biasa. Kita ingin agar semangat tersebut bisa terjaga. Makanya kita wadahi mereka dalam Jakarta Plant Market," katanya.

Menurut Andri, kegiatan ini bekerja sama dengan Komunitas Ragunan Aroid Community. Andri adalah bagian Ragunan Aroid Community.

"Kita terpanggil untuk melakukan kontes tanaman hias dalam membantu meningkatkan nilai ekonomi UMKM di Indonesia dan memperkenalkan tempat Taman Anggrek Ragunan dengan adanya kontes tanaman hias dan bazar," terangnya.

Andri mengatakan, Taman Anggrek Ragunan memiliki kurang lebih 40 kavling yang menjual berbagai tanaman hias.

Dijelaskannya, Jakarta Plant Market adalah ajang Kontes Tanaman Hias untuk komunitas tanaman hias dari berbagai daerah serta masyarakat sekitar. 

"Event ini sengaja diciptakan untuk komunitas tanaman hias dan masyarakat sebagai media perkenalan tempat Taman Anggrek Ragunan juga perkembangan nilai ekonomi tanaman hias khususnya yang berorientasi ekspor," tuturnya.

Acara ini turut didukung Pemprov DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI jakarta, Jakarta Kota Kolaborasi, Jakpreneur, serta disponsori Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang diketuai oleh Moeldoko, serta sponsor lainnya.

"Acara ini dimeriahkan oleh 35 tenant bazaar tanaman dari luar masyarakat Taman Anggrek Ragunan, dan diikuti ratusan peserta kontes tanaman hias dari berbagai daerah," jelas Andri lagi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Dinas Pertanian dan Perikanan Medan Gelar Pekan Tanaman Hias

Banjarmasin Catat Ekspor 677 Tanaman Hias

Bukan Sekadar Hobi, Ini Sederet Manfaat Tanaman Hias Selain Mempercantik Ruangan

6 Tanaman Hias Terbaik untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Selain Lidah Mertua, Tanaman Hias Apa yang Bagus untuk Menjernihkan Udara di Rumah?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark