Pekalongan Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital Pasarkan Produk

Red: Muhammad Fakhruddin

Pekalongan Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital Pasarkan Produk (ilustrasi).
Pekalongan Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital Pasarkan Produk (ilustrasi). | Foto: Antara/Adeng Bustami

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah mampu memanfaatkan sarana teknologi digital untuk memasarkan produk secara daring.

Oleh karena itu, pemerintah daerah bekerja sama dengan tim penggerak PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar pertemuan (workshop) tentangpemasaran digital kepada UMKM. "Kegiatan workshop ini menyasar 33 pelaku UMKM binaan PKK Kota Pekalongan dan kami mengenalkan pemasaran secara digital, sebagai upaya untuk mengenalkan pemasaran digital," kata Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Pekalongan Budiyanto di Pekalongan, Rabu (27/7/2022).

Ia yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Junaenah mengatakan pengenalan pemasaran secara digital ini sebagai bentuk kepedulian pemkot agar UMKM bisa lebih berkembang.

Para pelaku usaha, kata dia, akan diberikan pengetahuan dan dikenalkan dengan beberapa marketplace yang masih naik daun, di antaranya Shopee, Facebook, dan Instagram. "Kami berharap para peserta dapat mengaplikasikan keterampilan dan ilmunya terkait pemasaran digital melalui marketplace ini," katanya.

Baca Juga

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya menyampaikan terima kasih pada Dindagkop dan UKM yang telah melibatkan pelaku usaha dalam pelatihan pemasaran digital.

Ia menilai edukasi pemasaran secara daring sangat penting, terlebih selama pandemi COVID-19 semua unsur profesi dan masyarakat, terutama pelaku usaha dipaksa "melek" digital. "Memang sangat penting zaman sekarang selama pandemi COVID-19. Jadi pemasaran secara daring termasuk salah satu cara yang lebih efektif untuk penjualan produk," katanya.

Inggit menyakini kegiatan untuk pelaku usaha ini akan mendongkrak penjualan dan menaikkan omset mereka yang sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi COVID-19. "Saya lihat produknya ini sangat bagus, kreatif, dan inovatif. Akan tetapi pemasarannya masih kurang karena pengetahuan pelaku usaha banyak yang belum tahu pemasaran secara daring sehingga setelah adanya kegiatan ini diharapkan mereka mampu berkarya dan bisa memasarkan secara daring," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Legislator: Subsidi Bunga UMKM Layak Dilanjutkan

Inovasi Kunci Keberhasilan Pelaku Ekonomi Kreatif Hadapi Era Disrupsi 

Wakil Ketua DPRD DKI tak Ingin Citayam Fashion Week Ditutup

Dukung Pemberdayaan UMKM, Pemkab Banyumas Gandeng Grab Indonesia

Kiat Berdayakan UMKM Lewat Fasilitas Kredit yang Terjangkau

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark