Waketum DMI Kunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Semarang

Red: Fernan Rahadi

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Kamis, (28/7/2022). Kedatangan pria yang akrab dipanggil Pak Syaf bersama tim itu disambut baik oleh Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dani Muhtada, beserta para pengurus pesantren.
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Kamis, (28/7/2022). Kedatangan pria yang akrab dipanggil Pak Syaf bersama tim itu disambut baik oleh Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dani Muhtada, beserta para pengurus pesantren. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafruddin mengunjungi Pesantren Riset Al-Muhtada Kota Semarang, Kamis, (28/7/2022). Kedatangan pria yang akrab dipanggil Pak Syaf bersama tim itu disambut baik oleh Pimpinan Pesantren Riset Al-Muhtada, Dani Muhtada, beserta para pengurus pesantren. 

Dalam kesempatan itu, Pak Syaf menyampaikan bahwa salah satu dari strategi penting untuk memajukan suatu bangsa adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia yang berkualitas. Investasi sumber daya manusia yang berkualitas ini tentu hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, tetapi penting untuk dilakukan, serta membutuhkan proses yang panjang dan berkelanjutan. Menurutnya, para mahasantri di Pesantren Riset Al-Muhtada ini sangat beruntung, karena selain sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang dengan kegiatan kampusnya juga memiliki aktivitas keagaaman serta riset di luar kegiatan kampusnya.

Dani Muhtada selaku pimpinan pesantren menyambut baik silaturahim Pak Syaf dan tim. Dalam sambutannya, ia menyampaikan beberapa program yang telah berjalan di Pesantren Riset Al-Muhtada. Beberapa program unggulan antar lain kegiatan riset atau penelitian yang dilakukan setiap tahunnya oleh mahasantri. Outputnya adalah publikasi di jurnal terakreditasi Sinta 1, 2, dan 3. Adapun topik riset atau meneliti yang dilakukan yaitu sosial kemasyarakatan dan keagamaan. 

Merespons hal tersebut, Pak Syaf menantang para mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada untuk membuat penelitian tentang tingkat literasi Alquran. Menurutnya, riset tentang hal tersebut sangat penting dilakukan karena Indonesia adalah negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Data tentang literasi Alquran ini akan membantu program peningkatan literasi Al-Quran. Literasi Alquran yang baik akan mengantarkan pada pemahaman dan pengamalaman Alquran yang lebih baik.

Terkait dengan visi Pesantren Riset, Pak Syaf juga menyampaikan bahwa Investasi sumber daya manusia menjadi hal penting untuk mewujudkan peradaban bangsa yang berkualitas. Suatu bangsa dapat dikatakan maju bukan dilihat dari sumber daya alam yang tersedia, bahkan sumber daya alam yang tersedia pun bisa habis oleh manusianya. Sedangkan, sumber daya manusia justru semakin bertambah. 

Harapannya, mahasantri Riset Al-Muhtada dapat melakukan riset atau penelitian terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya mansia, di antaranya melalui suatu topik, “Aktualisasi Perwujudan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Literasi Baca Qur’an” yang nantinya dapat dikembangkan lebih spesifik dan mendalam. 

Pesantren Riset Al-Muhtada sendiri merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki tujuan menciptakan muslim yang berintelektual, berakhlak mulia, berprestasi, dan memiliki keterampilan riset yang unggul.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Masuki Usia 50 Tahun, DMI Gagas Tiga Agenda Strategis Masjid

Literasi Keagamaan Para Takmir, Khatib, dan Mubaligh Perlu Ditingkatkan

Waketum DMI Ajak Eratkan Silaturahim Umat Islam di Negara ASEAN

Tutup Konferensi Masjid Asean, Waketum DMI Soroti Kondisi dan Nasib Muslim di Dunia

Kemenag Apresiasi Inisiatif DMI Gelar Konferensi Internasional Komunitas Masjid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark