Senin 01 Aug 2022 17:25 WIB

KPU Sleman Sediakan Layanan Konsultasi untuk Parpol

Layanan bantuan tersebut akan ada sampai penetapan partai politik peserta pemilu.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi penghitungan suara KPU.
Foto: mgrol100
Ilustrasi penghitungan suara KPU.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu telah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menghadirkan layanan bantuan (helpdesk) untuk fasilitasi partai politik calon peserta pemilu.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sleman, Noor Aan Muhlishoh mengatakan, layanan bantuan tersebut akan ada sampai penetapan partai politik peserta pemilu pada 14 Desember 2022 mendatang. Ada dua ruang lingkup fasilitasi tim helpdesk.

Satu, melayani konsultasi hal-hal terkait pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu kepada parpol calon peserta pemilu. Dua, melayani konsultasi dan fasilitasi penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Pelayanan helpdesk secara tatap muka dilaksanakan pada 08.00 sampai 17.00. Jika online tidak dibatasi waktu, bebas, boleh bersurat atau menelfon KPU Kabupaten Sleman," kata Noor di Ruang Rapat Kantor KPU Kabupaten Sleman, Senin (1/8/2022).

Sesuai PKPU 4/2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024 tahapan sudah dimulai 29-31 Juli 2022 untuk pengumuman pendaftaran. Lalu, pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen pendaftaran 1-14 Agustus 2022.

Kemudian, verifikasi administrasi pada 2 Agustus-11 September, dan penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi administrasi ke parpol dan Bawaslu 14 September. Masa perbaikan dokumen persyaratan dan penyampaian dokumen sampai 28 September.

Verifikasi administrasi perbaikan 29 September-12 Oktober, penyampaian dan pengumuman rekapitulasi hasil verifikasi administrasi perbaikan 14 Oktober. Verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan 15 Oktober-4 November 2022.

Penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan ke parpol dan Bawaslu 9 November. Masa perbaikan persyaratan kepengurusan dan keanggotaan serta penyampaian dokumen perbaikan oleh parpol 10-23 November.

Verifikasi faktual perbaikan persyaratan dan keanggotaan parpol 24 November-7 Desember. Serta, pada 14 Desember 2022 penetapan parpol peserta pemilu, hasil pengundian nomor urut parpol peserta dan pengumuman parpol peserta pemilu.

Noor mengungkapkan, untuk layanan bantuan konsultasi sendiri arahan pembentukan tim baru diterima kemarin. Karenanya, ia helpdesk sudah aktif per 1 Agustus 2022 dan sejauh ini KPU Sleman sudah menerima konsultasi dari satu parpol.

"Tapi, tidak khusus terkait Sipol, konsultasi terkait pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu, dilakukan partai baru, Partai Kedaulatan Rakyat," ujar Noor.

Saat ini, di Sleman sendiri selain 16 parpol yang sudah ikut pemilu 2019 ada lima parpol baru yang ada di data Kesbangpol Kabupaten Sleman. Noor berharap, masyarakat memahami ada lima jenis pemilihan pada pemilu 2024 mendatang.

"Mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota," kata Noor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement