Rabu 03 Aug 2022 22:37 WIB

Gapai 86 Emas, Indonesia Mantapkan Diri di Puncak Klasemen APG 2022

Sumbangsih emas juga berasal dari tim judo tunanetra Indonesia.

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pejudo Tunanetra Indonesia Gian Nita Almira mengigit medali emasnya usai mengikuti upacara penyerahan medali pada pertandingan Judo tunanetra putri individu kelas -57Kg J1-J2 ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022). Gian Nita berhasil meraih medali emas usai mengalahkan keempat lawannya.
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pejudo Tunanetra Indonesia Gian Nita Almira mengigit medali emasnya usai mengikuti upacara penyerahan medali pada pertandingan Judo tunanetra putri individu kelas -57Kg J1-J2 ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022). Gian Nita berhasil meraih medali emas usai mengalahkan keempat lawannya.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Kontingen Indonesia memimpin jauh klasemen perolehan medali ajang ASEAN Para Games (APG) 2022, Solo, Jawa Tengah. Hingga hari kelima APG 2022, Kontingen Garuda sudah mengoleksi 86 medali emas sebab performa atlet di luar ekspektasi. 

Denny, pelatih para panahan Indonesia mengatakan dari target dua emas dan dua perak, tim Indonesia berhasil memperoleh tiga emas, dua perak dan dua perunggu. Emas diperoleh Setiawan yang bermain di kategori tunggal putra recurve open, serta dua lainnya dari kelas ganda putri tim recurve dan ganda putra tim recurve. 

Baca Juga

“Hari ini sangat luar biasa, target yang diberikan kemenpora dan NPC, berhasil diraih. Dari target dua emas dan dua perak, di hari pertama final parapanahan kami berhasil meraih tiga emas, dua perak, dan dua perunggu,” katanya.

Sementara itu, beberapa cabang olahraga (cabor) lain, seperti Boccia. Tim Indonesia, yang baru debut Boccia pada APG 2022, di luar dugaan mampu menambah satu emas, dua perak dan enam perunggu. Medali emas tersebut ditorehkan oleh Wening Prabawati dari kategori tunggal putri BC4. 

Sedangkan medali perak diraih oleh Gischa Zayana (tunggal putri BC2) dan Handayani (tunggal putri BC1). Untuk perunggu dipersembahkan Felix Ardi Yudha (tunggal putra BC2), Febriyanti Vani Rahmadhani (tunggal putri BC2), Fendy Kurnia Pamungkas (tunggal putra BC4), Muhamad Afrizal Syafa (tunggal putra BC1), Rexus Ohee (tunggal putra BC3), dan Suci Kirana Dewi (tunggal putri BC3).

Sumbangsih emas juga berasal dari tim judo tunanetra Indonesia yang menyapu bersih empat medali emas dari empat nomor yang dipertandingkan di hari ini. Pertandingan tersebut berlangsung di Tirtonadi Convention Hall Solo, Rabu (3/8/2022), tim Indonesia secara keseluruhan di membukukan 4 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Empat emas kontingen Indonesia disumbangkan Rusmanto Gian Nita yang turun di nomor tunggal putri 57 kilogram (kg), Maghfira Balgis Mega (tunggal putri +57 kg), Tony Ricardo Mantolas (tunggal putra J1 & J2 +90 kg) dan Fajar Pambudi (tunggal putra J1 & J2 -90 kg). Sementara perak disumbang Garini Melinda Artia (Women’s Individual -57 kg), Siska Roma (Women’s Individual +57 kg), dan Bate E Junifor (Men’s Individual J1 & J2 -90 kg).

Selanjutnya dari cabang olahraga para atletik masih menjadi salah satu penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia dengan mendapatkan 30 emas, 19 perak, dan 13 perunggu. Di antara perolehan medali tersebut, tiga emas didapatkan Karisma Evi yang bertanding di 100 meter dan 200 meter, sementara satu sisanya dia tanding di kelompok lompat jauh putri. Sementara Eko Saputro (T12) sukses menyumbang dua emas dari nomor 100 meter dan 200 meter putra. Dua emas juga berhasil diraih Nia Meilani Usnia. 

Dilansir dari web resmi apg2022.com, Dari total 227 medali emas yang diperebutkan hingga hari kelima, INDONESIA mendapatkan 86 emas. Sedangkan di nomor kedua ada Thailand dengan 63 emas dan disusul Vietnam 31 emas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement