Pemkot-KPPN Madiun Gelar Festival UMKM Merah Putih Wadahi Usaha Mikro

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot-KPPN Madiun Gelar Festival UMKM Merah Putih Wadahi Usaha Mikro (ilustrasi).
Pemkot-KPPN Madiun Gelar Festival UMKM Merah Putih Wadahi Usaha Mikro (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Siswowidodo

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) setempat bersama gabungan UMKM di wilayah eks-Keresidenan Madiun menyelenggarakan Festival UMKM Merah Putih guna mewadahi para pelaku usaha mikro melakukan promosi untuk meningkatkan pasar.

Wali Kota Madiun Maidi dalam sambutannya mengatakan bahwa UMKM merupakan ladang unggulan Kota Madiun. Karenanya, pengembangan UMKM menjadi salah satu perhatian Pemkot Madiun. Sehingga, dapat terus maju dan mencapai target yang lebih tinggi.

"Saat ini target sudah kita ubah. Usaha kita harus maju dan mendunia, lewat ajang seperti ini, lewat kemajuan IT. Hari ini IT kita genggam. Siapa yang menggenggam IT, ia akan menggenggam dunia. Ini harus kita manfaatkan," ujar Wali Kota Maidi saat membuka Festival UMKM Merah Putih di Lapangan Bisnis Center (LBC) Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (5/8/2022).

Dalam festival yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 5-7 Agustus 2022 tersebut menghadirkan beberapa produk UMKM unggulan dari berbagai daerah seperti Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, dan Ngawi. Pihaknya berharap Kota Madiun bisa menjadi "window display" Jatim bagian barat.

Baca Juga

Karenanya, kegiatan seperti Festival UMKM Merah Putih tersebut diharapkan bisa berlanjut. "Kabupaten sekitar tidak perlu mengadakan sendiri-sendiri. Di sini saja, saya yang meramaikan dengan mengundang massa. Lalu dipadukan dengan kesenian. Maka, semuanya akan bergerak," katanya.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim II Agustin Vita Avantin memberikan apresiasi kepada Kota Madiun sebagai tempat diselenggarakannya acara tersebut. Menurut dia, festival UMKM menjadi upaya yang efektif dan efisien untuk menggenjot pelaku usaha agar semakin maju.

"Saya harap kegiatan yang berlangsung di sini bisa diadaptasi di daerah-daerah lain. Sehingga, memajukan UMKM di wilayah Jatim," kata Agustin.

Sementara, pembukaan Festival UMKM Merah Putih berlangsung meriah. Kegiatan yang dilaksanakan menjelang HUT ke-77 RI tersebut dimulai dengan "gowes" atau bersepeda bersama para pelaku UMKM dari Lapangan Pelti. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah, hiburan, serta kunjungan ke stan UMKM.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi, Bupati Magetan Suprawoto, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim II Agustin Vita Avantin, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Staf Ahli Kabupaten Madiun Suyadi, dan forkopimda setempat.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Jumlah Permohonan Warga Madiun Menjadi Buruh Migran Tahun 2022 Naik

Pemkot Madiun Terus Tambah Pembagunan Ruang Terbuka Hijau

Senam Bersama Warga Lansia di Kota Madiun

Nikah Massal di Rumah Dinas Walikota Madiun

Pemkot Madiun Cabut 189 Izin Operasional Kios di Pasar Besar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark