Tim CP Football Indonesia Tampil pada Men's World Championship di Italia

Rep: c02/ Red: Fernan Rahadi

Pesepakbola Indonesia Yusup Suhendar melakukan selebrasi usai memasukan bola ke gawang tim Thailand pada pertandingan final CP Football ASEAN Para Games 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Tim CP Football Indonesia menyumbangkan medali perak usai kalah dari lawannya dalam adu penalti dengan skor 5-6.
Pesepakbola Indonesia Yusup Suhendar melakukan selebrasi usai memasukan bola ke gawang tim Thailand pada pertandingan final CP Football ASEAN Para Games 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Tim CP Football Indonesia menyumbangkan medali perak usai kalah dari lawannya dalam adu penalti dengan skor 5-6. | Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Timnas Sepak Bola Cerebral Palsy (CP) Indonesia akan mengikuti kejuaraan dunia yang akan berlangsung di Italia bulan September mendatang. 

"Yang langsung lolos itu ada 12 negara dan Indonesia termasuk di dalamnya," jelas Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, Senin (8/8/2022)

Dengan demikian, Indonesia akan tergabung dalam ajang International Federation of Cerebral Palsy Football (IFCPF) Men's World Championship yang rencananya digelar di Italia pada 24 September-4 Oktober 2022 mendatang. Timnas Sepak Bola CP Indonesia berhasil masuk 12 slot tanpa mengikuti kualifikasi. 

"Hasil yang dipakai itu adalah hasil dari pencapaian ASEAN Para Games 2017 di Malaysia, " katanya.

Rima mengatakan waktu itu Indonesia mendapatkan medali emas pada APG terakhir di Malaysia. Hanya saja, Indonesia pada tahun mendatang tidak lolos karena pada final APG 2022 lalu Indonesia kalah menghadapi Thailand.

"Untuk yang juara APG 2022 ini yang akan lolos selanjutnya adalah Thailand," katanya.

Sebelumnya, Indonesia berhasil menahan Imbang Thailand dengan raihan skor 4-4 hingga babak tambahan. Namun, pada babak penalti hanya satu eksekutor yakni Cahyana yang berhasil membobol gawang Thailand. Sedangkan dua sisanya, Yahya Hernanda dan Yusuf Suhendar gagal memasukkan gol karena berhasil ditepis kiper Thailand Jettarin Wonghamit. 

Sedangkan, dua eksekutor Thailand, Siwadol Srisuwun dan Phonpipat sukses memasukkan bola ke gawang Amin Rosyid. Hasil itu membawa Thailand memenangkan laga dengan raihan skor total, 6-5.

Akhirnya, dengan hasil tersebut Thailand kembali merebut gelar juara sepak bola CP dari Indonesia. Pasalnya, pada laga APG Malaysia ke X 2017, Indonesia berhasil menang dengan skor 3-0 pada laga final dan berhak atas medali emas. Indonesia menempati peringkat kedua setelah kalah dari Thailand, 5-6 pada 5 Agustus 2022 lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Timnas Sepak Bola Cerebral Palsy Lolos Kejuaraan Dunia di Italia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark