Kereta Lokal Surabaya Layani Tiga Juta Penumpang dalam Empat Bulan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kereta Lokal Surabaya Layani Tiga Juta Penumpang dalam Empat Bulan (ilustrasi).
Kereta Lokal Surabaya Layani Tiga Juta Penumpang dalam Empat Bulan (ilustrasi). | Foto: Antara/Prasetia Fauzani

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, sejak 1 Aprli 2022, pihaknya mengelola 60 perjalanan KA lokal di wilayah Daerah Operasi 8 Surabaya dan sekitarnya. Antara lain KA ekonomi lokal jurusan Surabaya Pasar Turi-Cepu, jurusan Surabaya Pasar Turi-Kertosono, KA Dhoho Surabaya-Blitar, KA Penataran Surabaya-Blitar, KA Komuter Jenggala Surabaya-Mojokerto, KA Komuter Surabaya-Indro, KA Tumapel Surabaya-Malang, KA Komuter Surabaya-Lamongan, dan KA Komuter Surabaya-Pasuruan.

Anne mengungkapkan, selama empat bulan beroperasi, total volume pengguna KA lokal di wilayah Daop 8 Surabaya tercatat sebanyak 3.519.126 orang. Pada April 2022 tercatat 617.706 orang yang menggunakan KA lokal di wilayah Daop 8 Surabaya, atau rata-rata 20.590 orang per hari.

"Data tersebut jika dibandingkan dengan volume penumpang pada Juli 2022 terjadi tren kenaikan sebesar 68 persen. Dimana pada Juli tercatat sejumlah 1.040.302 orang menggunakan KA lokal dengan rata-rata 33.558 orang per hari," ujar Anne, Rabu (10/8/2022).

Anne mengungkapkan, KA Dhoho-Panataran dan KA Panataran-Dhoho merupakan KA dengan volume pengguna terbanyak. Pada Juli 2022 volume kendaraan masing-masing kereta lokal tersebut tercatat 236.401 orang dan 238.628 orang. 

Baca Juga

Anne menambahkan, saat ini KAI Commuter memberlakukan syarat untuk naik KA lokal sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub nomor 72 tahun 2022. Antara lain Sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama, jika tidak atau belum melakukan vaksinasi wajib menunjukan surat keterangan dari dokter RS Pemerintah. Kemudian untuk penumpang dengan usia di bawah 6 tahun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Anne memastikan, pemesanan dan pembelian tiket KA- lokal dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari sebelum hari pemberangkatan dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri. Untuk pembelian tiket KA lokal secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.

 

 

Terkait


Mobil Tertabrak KA, Daop 3 Cirebon Ingatkan Displin di Perlintasan

KAI Surabaya Tertibkan Lahan di Jalan Ambengan dari Penyerobotan

KAI Catat Peningkatan Volume Penumpang Hingga 42 Persen, Didominasi Jabodetabek

Aturan Wajib Vaksin Booster bagi Penumpang Kereta Jarak Jauh

Daop 6 Yogyakarta Kampanye Cegah Kekerasan Seksual di Kereta

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark