Pemkab Banyumas Didorong Jadi Kebupaten Layak Anak

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi

Sekolah Ramah Anak (ilustrasi)
Sekolah Ramah Anak (ilustrasi) | Foto: Gerakan Sekolah Menyenangkan

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Saat ini kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) menjadi salah satu fokus pendidikan di Indonesia sesuai dalam Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP) 2005-2025 dalam visi menghasilkan insan Indonesia cerdas dan kompetitif.

Dalam kegiatan penguatan kelembagaan Sekolah Ramah Anak yang diselenggarakan oleh DPPKBP3A pada Rabu (10/8/2022) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Irawati dalam materi yang disampaikan kepada kepala sekolah se-Kabupaten Banyumas menjelaskan makna insan Indonesia cerdas adalah insan yang cerdas komprehensif.

"Komprehensif ini maksudnya adalah cerdas secara emosional, sosial, intelektual dan kinestetis," jelas Irawati di Aula Bappeda, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (10/8/22).

Dengan adanya sekolah ramah anak ini ia berharap akan melindungi hak anak serta mempersiapkan anak untuk hidup toleran dalam semangat perdamaian.

Sekretaris Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono juga menjelaskan, sekolah ramah anak merupakan upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak pada jam sekolah.

"Sekolah ramah anak seyogianya bukan hanya status saja. Namun kita harus mampu merealisasikannya dalam proses belajar-mengajar," kata Wahyu.

Ia berharap dengan adanya kegiatan penguatan kelembagaan sekolah ramah anak ini,  ke depannya Kabupaten Banyumas segera menjadi kabupaten layak anak dimana hak anak dapat terakomodir dan terpenuhi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pemkab Banyumas Canangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

Cegah Perundungan Anak, Ganjar Luncurkan Aplikasi Jogo Konco

Dukung Pemberdayaan UMKM, Pemkab Banyumas Gandeng Grab Indonesia

PKK Kediri Ingin Sekolah Lebih Ramah Anak Cegah Asusila

Naik Tingkat, Pemkab Serang Raih Penghargaan KLA Madya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark