Jumat 12 Aug 2022 16:55 WIB

Sinergi dengan IPP Portugal, UAD Dapatkan Hibah Erasmus+ ICM

Hibah ini menambah hibah internasional yang didapatkan UAD.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
 Kepala Kantor Urusan Internasional IPP Portugal, Alexandra Mariana Nunes Albuquerque (baju hijau) berkunjung ke UAD untuk implementasi hibah Erasmus+ ICM.
Foto: Dokumen
Kepala Kantor Urusan Internasional IPP Portugal, Alexandra Mariana Nunes Albuquerque (baju hijau) berkunjung ke UAD untuk implementasi hibah Erasmus+ ICM.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mendapatkan hibah Erasmus+ International Credit Mobility (ICM). Hibah Erasmus+ ini kembali didapatkan atas kerja sama yang dilakukan dengan Polytechnic Institute of Porto (IPP), Portugal.

Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD, Ida Puspita mengatakan, hibah kali ini merupakan hibah Erasmus+ keempat yang diperoleh UAD. Tiga hibah Erasmus+ yang sudah didapatkan sebelumnya yakni di kategori berbeda.

"Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan hibah bergengsi internasional Erasmus+ ke empat kalinya," kata Ida yang juga koordinator program Erasmus+ di UAD , Jumat (12/8/2022).

Tiga hibah Erasmus+ sebelumnya masuk dalam kategori Capacity Building of Higher Education (CBHE) dalam bidang kewirausahaan (Growing Indonesia: A Triangular Approach/GITA), manajemen kebencanaan (Building Universities in Leading Disaster resilience / BUiLD), dan kepemimpinan (Indonesian Higher Education Leadership/iHilead).

 

Untuk hibah Erasmus+ keempat yang masuk dalam kategori ICM ini, katanya, baru pertama kali didapatkan oleh UAD. Hibah ini akan diselenggarakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAD bersama IPP Portugal, dengan durasi satu tahun (2022-2023).

"Akan ada beberapa dosen dari IPP Portugal dan UAD yang bertukar untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik secara luring/fisik," ujar Ida.

Ia menyebut, pihaknya bersyukur bahwa UAD merupakan perguruan tinggi mitra pertama bagi IPP Portugal di Indonesia. Sebaliknya, kata Ida, IPP Portugal juga menjadi mitra pertama bagi UAD dari Portugal.

"UAD dan IPP Portugal saing menorehkan sejarah pertama kalinya bagi jejak rekam kerja sama internasional di institusi masing-masing," jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UAD, Rusydi Umar mengatakan, hibah Erasmus+ menambah hibah internasional yang didapatkan UAD. Hal ini, katanya, menunjukkan kualitas UAD dan tingkat kepercayaan mitra internasional UAD.

"Semoga kerja sama dengan IPP Portugal dapat terus dikembangkan di semua fakultas di UAD yang relevan dengan IPP Portugal," kata Umar.

Dari IPP Portugal juga melakukan kunjungan ke UAD dalam kunjungan pertama untuk implementasi hibah Erasmus+ ICM, pada Kamis (11/8) kemarin. Kunjungan tersebut diwakili oleh Kepala Kantor Urusan Internasional IPP Portugal sekaligus dosen di School of Business IPP, Alexandra Mariana Nunes Albuquerque.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement