Semangat Memerdekakan dalam Gelaran Indonesian Custom Show 2022

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Jajaran panitia penyelenggara ICS 2022.
Jajaran panitia penyelenggara ICS 2022. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Indonesian Custom Show 2022 atau ICS 2022 terselenggara dalam nuansa hari kemerdekaan. Pameran dan kontes otomotif yang digelar PT Jogja Hahe Hahe ini berlangsung pada 13-14 Agustus 2022 di Jogja Expo Center (JEC).

Berlangsung pada bulan kemerdekaan, Pride & Nationalism jadi tema ICS 2022. Tema itu diharap jadi wujud semangat pegiat otomotif. Banyak builder, modifikator, sampai pegiat otomotif bangga menorehkan unsur nasionalisme dalam karyanya.

Terkait sejarah Indonesia, salah satu motor bersejarah yang dipamerkan ada Ariel 350 cc buatan 1937. Made dari Show & Shine mengatakan, motor tersebut merupakan harta karun Sungai Brantas yang ditemukan seorang penambang pasir.

"Motor keluaran Inggris tersebut terendam selama 10 di dasar Sungai Brantas. Penjelasan mengenai motor tersebut dipaparkan di ICS 2022," kata Made.

Aan dari Sinten Remen Chop’s and Ride, merupakan salah satu legenda builder yang akan berpartisipasi di ICS 2022. Aan mengapresiasi acara ini karena menghadirkan kesempatan untuk membagi pengalaman dari awal jajaki dunia custom era 80-90an.

"Beliau memamerkan karya beliau dari zamannya, bahwa pada tahun segitu kita sudah mempunyai motor custom seperti ini," ujar Made.

Area parkir barat JEC dipenuhi stan-stan marketplace, sehingga tidak cuma pelaku otomotif yang bisa menikmati. Mereka mengajak brand-brand yang sudah dikenal seperti Von Dutch, Benelli, Motul, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, dan Piaggio.

Commercial Director ICS 2022, Nohan Mahendra menuturkan, ada program-program menarik ditawarkan. Ada kuliner-kuliner otentik seperti Sate Klathak Pak Pong, Bakmi Pak Gembel, Tongseng Ayam Sudimoro, Gudeg Yu Djum dan Rujak Es Cream Pak Paino. "Jadi, yang datang ke ICS seperti sudah merasa keliling Yogyakarta," kata Nohan.

Untuk panggung hiburan dimeriahkan musisi-musisi lokal seperti Shaggydog, Feel Koplo, Wika Salim, dan Luna Maya. Pengundian Lucky Draw menutup acara ICS 2022 dan dua pengunjung beruntung berhak mendapat satu motor custom dan satu mobil custom.

Dengan membeli tiket Rp 50 ribu per harinya berkesempatan mendapat motor atau mobil. Ada pula sepeda santai yang berlangsung Ahad (14/8) pagi. Gowes sepeda lipat dilengkapi doorprize satu motor custom dan satu sepeda brompton custom.

"Bagi pengunjung yang membawa kendaraan yang telah di-custom, memang disediakan tempat parkir khusus di sebelah utara JEC yang luas," ujar Nohan.

Show Director ICS 2022, Kunto Wibisono menjelaskan, ICS 2022 memang istimewa dibanding pameran atau kontes otomotif serupa di Indonesia. ICS 2022 memberi titik berat seleksi kontes dengan cara yang berbeda dengan nuansa kemerdekaan.

Latar belakang ICS memang untuk memerdekakan dunia otomotif custom Indonesia. Beberapa waktu sebelum merangkai ICS, penyelenggara meriset beberapa pameran atau kontes otomotif serupa yang biasanya kontes proses seleksi dengan genre.

"Tapi, kita mencoba menyeleksi kontestan dengan regional (negara asal kendaraan dibuat)," kata Kunto.

Pembukaan ICS 2022 dilaksanakan pada 13 Agustus 2022 pagi oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo dan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. Project Director ICS 2022, Budhi Winarno menambahkan, beragam rangkaian kegiatan dalam acara ini memenuhi seluruh area yang ada di JEC.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


17.714 Orang Kunjungi Pantai Parangtritis Selama Akhir Pekan

Budidaya Lele di Kolam Ini Bisa Menghasilkan 2 Ton Lele

Bantul Peroleh Bantuan 250 Pompa Air Berbahan Bakar Gas dari ESDM

Soal Siswi di Bantul Dipaksa Berhijab, Pengamat: Tak Perlu Diperdebatkan

Disdikpora DIY: Guru SMAN 1 Banguntapan Hanya Ajarkan Cara Pakai Jilbab

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark