Senin 15 Aug 2022 17:19 WIB

Tim UGM Juara IEM Chem-E-Car 2022 di Kuala Lumpur

Peserta yang berkompetisi dari negara-negara seperti Malaysia sampai Australia.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Tim Reactics Chem-E-Car UGM.
Foto: Dokumen
Tim Reactics Chem-E-Car UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim Reactics Chem-E-Car UGM meraih prestasi di kancah internasional. Reactics Janaka meraih juara IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022 yang diadakan Institution of Engineers Malaysia di Kuala Lumpur Convention Centre.

Tahun ini, UCSI University mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Kapten Tim Reactics Janaka, Yehezkiel Marco Natanael mengatakan, peserta yang berkompetisi bervariasi dari negara-negara seperti Malaysia sampai Australia.

Antara lain Institut Teknologi September, Monash University, University of Nottingham, University of Malaya dan Taylor’s University. Tahun ini, mewakili Indonesia, UGM mengirim tim dari Reactics Chem-E-Car yaitu Tim Reactics Janaka.

"Tim Reactics Janaka membuat rancangan mobil dan dipresentasikan pada tahap final," kata Marco pada Senin, (15/8/2022).

 

Marco menyampaikan, pada perlombaan ini Tim Reactics Chem-E-Car UGM melalui beberapa tahapan untuk menjadi juara. Tahapan pertama, yaitu tahap preliminary. Pada tahap ini peserta menyuguhkan poster yang menjelaskan tentang konsep dasar.

Bagaimana mobil dapat bergerak, reaksi yang digunakan ke mobil, dan fitur-fitur yang dimiliki mobil. Lalu, poster dikumpulkan dan didukung teknikal pendukung. Setelah seleksi tahapan pertama, Tim Reactics Janaka terpilih menjadi 10 besar.

Setelah itu, berangkat ke Malaysia untuk presentasi di depan konferensi 19th Asian Pacific Confederation of Chemical Engineering (APCChE). Tim Reactics Janaka UGM melakukan presentasi dengan memaparkan poster yang dipersiapkan.

Juri berkeliling menuju seluruh peserta sesuai dengan urutan yang ditentukan. Tim Reactics Janaka sukses melaksanakan presentasi dalam urutan kedua dengan menekankan tiga aspek unggulan environment, safety dan design effectiveness.

Marco berpendapat, yang sangat menarik perhatian juri strategi yang digunakan mobil Tim Reactics Janaka dalam melalui challenge perlombaan yang dipaparkan dengan sangat baik. Ia merasa, semangat dan jerih payah mereka terbayarkan.

Kemenangan ini, lanjut Marco, dapat diperoleh dengan bantuan dan dukungan dari seluruh Tim Reactics Chem-E-Car UGM dan semua pihak yang terlibat. Karenanya, ia menyampaikan terima kasih kepada sponsor-sponsor atas dukungan yang diberikan.

"Dengan kemenangan ini, Reactics Chem-E-Car UGM berharap dapat terus semangat dalam lomba ke depannya untuk membanggakan almamater dan bangsa," ujar Marco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement