Istri Wali Kota Kediri Kampanyekan Aktif Bersepeda Kurangi Emisi

Red: Muhammad Fakhruddin

Istri Wali Kota Kediri Kampanyekan Aktif Bersepeda Kurangi Emisi (ilustrasi).
Istri Wali Kota Kediri Kampanyekan Aktif Bersepeda Kurangi Emisi (ilustrasi). | Foto: Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Istri Wali Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar ikut memeriahkan kegiatan sepeda Journey from Zero (JFZ), yakni kegiatan kampanye bersepeda dengan misi mengurangi emisi karbon.

Bunda Fey, sapaan akrabnya menjadi pesepeda pertama perempuan di estafet Journey from Zero tersebut. Bunda Fey mengayuh sepeda dari titik 0 Kota Malang menuju Kota Banyuwangi dengan jarak tempuh sejauh 286 kilometer.

"Alhamdulillah, saya bisa bergabung dalam kegiatan ini. Saya menjadi rider etape ke-11 dari campaign #JourneyFromZero," katanya di Kediri, Senin (15/8/2022).

JFZ merupakan sebuah proyek kolaboratif bersama PT Rimba Makmur Utama (RMU), pemilik dan pengelola inisiatif restorasi ekosistem Katingan Mentaya Project, dan Athletica Company (Athletica), perusahaan industri olahraga.

Baca Juga

Aksi ini mengajak masyarakat untuk mengurangi emisi karbon, melalui kegiatan bersepeda dengan mengayuh satu sepeda oleh dua belas pesepeda secara bersambung.

Upaya ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengurangi jejak karbon bagi generasi muda. Langkah ini menjadi bagian dari kampanye #BirukanLangit yang mengusung tema "Dari Titik Nol Indonesia Menuju Nol Emisi Karbon".

Bunda Fey mengaku terpanggil ikut serta dalam kegiatan ini. Dirinya menyukai olahraga sepeda, bahkan sudah sering ikut memeriahkan beragam kegiatan sepeda di beberapa daerah, apalagi kegiatan ini bagian dari kampanye lingkungan yang mempunyai makna cukup besar.

"Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya bisa menjadi bagian dari perjalanan ini. Bukan hanya karena saya perempuan. Lebih dari itu, karena kampanye lingkungan ini punya makna sangat besar," kata dia.

Bunda Fey bersepeda, dan setelah sampai di Banyuwangi, perjalanan akan di lanjutkan oleh Anne Luntungan menuju Bali.

Program bersepeda jarak jauh ini diawali dari Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam menuju Denpasar, Bali dengan sepeda yang dikendarai secara estafet oleh 12 pesepeda, dan dilanjutkan mengayuh dari Bali ke seluruh Indonesia.

Misi dilakukan selama maksimal tujuh hari di setiap rute para pesepeda. Program ini ditujukan untuk menyebarkan kesadaran akan kualitas udara Indonesia dengan bersepeda.

"Pasti seru sekali aksi #BirukanLangit melalui perjalanan yang akan saya tempuh ini," kata Bunda Fey.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Bappenas Target Listrik EBT Turunkan Emisi 5,3 Persen pada 2030

Infografis: Upaya DKI Jakarta Kurangi Emisi

Dapatkan Sertifikasi BCorp, RMU Berkomitmen Tingkatkan Dampak Positif

Danone Indonesia Dinobatkan sebagai Perusahaan Keberlanjutan Sumber Daya Air

Jadi Ujung Tombak Penurunan Emisi, Ini Upaya PLN Jaga Kelestarian Bumi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark