Telah Dibuka, KRL Lintas Yogyakarta - Solo Jebres - Palur

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Suasana di dalam KRL Yogyakarta - Solo.
Suasana di dalam KRL Yogyakarta - Solo. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak enam perjalanan KRL setiap harinya untuk melayani dari Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres, Jawa Tengah. Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan pelayanan melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah dan KAI Commuter mulai Rabu (17/8/2022).

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, ada penyesuaian jadwal KRL Yogyakarta - Solo PP untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan KRL. Khususnya jalur yang melalui Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

"Jadwal baru tersebut tidak jauh berbeda dengan jadwal sebelumnya karena hanya memperpanjang relasi KRL hingga ke Stasiun Palur. KRL tetap melayani 20 KA pada hari kerja dan 24 KA pada hari libur," katanya, Rabu (17/8/2022).

Sebelumnya, Anne menjelaskan pihaknya bersama PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah telah melakukan beberapa tahapan untuk perjalanan KRL pada April lalu. Mulai dari proses uji coba jalur, sinkronisasi, dan uji coba perjalanan.

"Mulai dari uji coba lintas Solo Balapan hingga Stasiun Palur, sinkronisasi sarana dan prasarana dan uji coba perjalanan KRL dengan pengguna terbatas sudah pada April lalu" terangnya.

Uji coba pengoperasian perjalanan KRL tersebut dilakukan setelah selesainya pekerjaan Pembangunan Elektrifikasi Jalur KA lintas Solo Balapan – Solo Jebres – Palur oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. Pembangunan elektrifikasi Jalur ini dimulai pada 2020 dan selesai pada tahun ini.

"Sedangkan tiket KRL, KAI Commuter menyediakan sebanyak tiga gate elektronik di Stasiun Solo Jebres dan lima gate elektronik di Stasiun Palur. Di masing-masing stasiun juga sudah dilengkapi dengan loket dan Vending machine untuk memudahkan transaksi pembelian tiket," kata dia.

Ia juga menjelaskan untuk jadwal pemberangkatan dan tarif perjalanan KRL Yogyakarta-Solo-Palur pengguna bisa mengakses melalui aplikasi KRL Access. Perjalanan KRL ini akan memangkas waktu 10 menit jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Palur di Kabupaten Karanganyar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Uji Coba Stasiun BNI City untuk Penumpang KRL Berjalan Lancar

Stasiun BNI City Layani Pengguna KRL, Benarkah Stasiun Karet Ditutup?

KAI Minta Maaf Soal Pengguna Disabilitas Ditolak di Solo Balapan

KAI Commuter Catat Rekor Peningkatan Jumlah Penumpang KRL 

Dua Pekan Perubahan Pola Operasi KRL, KAI: Fasilitas Diperbaiki

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark