Festival UMKM Rumah Zakat Meriahkan HUT 77 RI

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Suasana kegiatan Festival Kuliner yang digelar Rumah Zakat Yogyakarta.
Suasana kegiatan Festival Kuliner yang digelar Rumah Zakat Yogyakarta. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rumah Zakat Yogyakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Kelurahan Giwangan mengadakan Festival Kuliner. Kegiatan ini dihadirkan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap 12 Agustus.

Sejumlah 26 UMKM yang ada di Kelurahan Giwangan mengikuti kegiatan yang digelar di Bendhung Lepen, wahana wisata keluarga pinggir Sungai Gajah Wong. Festival Kuliner diawali dengan upacara peringatan 77 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Upacara diikuti seluruh peserta UMKM di Kelurahan Giwangan. Rangkaian acara ini terdiri dari lomba memasak yang diikuti 20 peserta. Lomba memasak ini mengambil bahan baku Abon Kluwih yang merupakan potensi lokal dari Kelurahan Giwangan.

Melalui itu diharap dapat tercipta kreativitas olahan dari bahan dasar potensi lokal yang bisa menjadi komoditi kuliner atau makanan khas yang akan mendukung perekonomian warga setempat. Acara ini turut dimeriahkan dengan UMKM Berbagi.

Ini merupakan program dari BUMMas Gerai Berdaya yang memiliki unit usaha Rumah Abon dan Bakpia. Kegiatan UMKM Berbagi ini diisi kegiatan seperti pembagian voucher belanja gratis di pedangan Bendung Lepen kepada para pengunjung.

Selain itu, BUMMas Gerai Berdaya menyalurkan paket produk Abon Nabati kepada TP PKK Kelurahan Giwangan. Rangkaian acara Festival Kuliner dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Yogyakarta, Tri Karyadi.

Hadir pula Branch Manager RZ Yogyakarta, Lurah Giwangan, Muspika, Danramil, Kapolsek, dan Kelompok Wisata Bendhung Lepen. Dalam sambutannya, Tri menyampaikan dukungan atas program pemberdayaan Rumah Zakat yang konsen ke pendampingan UMKM.

Ia menekankan, dalam menggerakkan dan mengangkat UMKM di Kota Yogyakarta, kita tidak bisa sendiri-sendiri. Semua harus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kebijakan yang ada agar saling melengkapi dan menguatkan.

"Semoga ke depan UMKM yang didampingi oleh Rumah Zakat semakin maju dan mandiri," kata Tri, Kamis (18/8/2022).

Senada, Branch Manager Rumah Zakat Yogyakarta, Warnitis menambahkan, Rumah Zakat tetap konsisten mendukung UMKM. Termasuk, dalam menjalankan salah satu rumpun program ekonomi dari optimalisasi dana zakat infaq dan sedekah dan sosial lain.

"Hal ini sebagai bentuk cita-cita besar kami dalam menjalankan amanah donatur untuk menciptakan pemberdayaan berkelanjutan yang membawa kemandirian bagi penerima manfaat," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Peningkatan Peran UMK Perempuan Butuh Kebijakan yang Mendukung

Festival UMKM Rumah Zakat Meriahkan HUT RI ke-77

Kemenparekraf Bakal Permudah UMKM Masuk Pengadaan Barang Pemerintah

Dorong Kemajuan UMKM, Digital Entrepreneur Academy Resmi Diluncurkan

Bagaimana Memulai Berbisnis Online atau Digital? Ini Beberapa Saran dari Praktisi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark