Dapat Bantuan Keuangan, Desa Pangempon Purbalingga Langsung Aspal Jalan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Kepala Desa Pangempon, meresmikan jalan di Desa Pangempon, Kamis (18/8/22).
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Kepala Desa Pangempon, meresmikan jalan di Desa Pangempon, Kamis (18/8/22). | Foto: Dok. Pemkab Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Desa Pangempon, Kecamatan Kejobong, pada 2022 mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari APBD Kabupaten Purbalingga sebesar Rp 200 juta. Pemerintah Desa Pangempon langsung mengalokasikan dana tersebut untuk mengaspal jalan desa seluas 544 meter x 2,5 meter di Dusun I RT 10 RW 05.

Selesainya pengaspalan jalan ini, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi didaulat untuk meresmikan, bersama Kepala Desa Pangempon, Kamis (18/8/2022). "Saya ucapkan terima kasih pada siang hari ini, kami warga  Desa Pangempon mendapatkan bantuan karena Desa Pangempon termasuk dalam kategori desa miskin ekstrim," kata Kepala Desa Pangempon, Subagyo dalam sambutannya di Lapangan Mini Desa Pengempon, Kamis (18/8/22).

Mengingat Desa Pengempon juga termasuk miskin ekstrim, desa ini juga mendapat pendampingan dari Perumdam Tirta Perwira sebagai instansi yang ditunjuk khusus untuk desa ini. Oleh karena itu, selain mendapat BKK dari Pemkab Purbalingga, desa ini juga dapat aneka bantuan yang disponsori oleh Perumdam Tirta Perwira.

"Alhamdulillah Desa Pangempon mendapatkan pendampingan dari BUMD yaitu PDAM (Perumdam) Purbalingga, kami mendapatkan kucuran dana warga kami," ungkap Subagyo.

Bantuan yang diberikan di antaranya untuk pemugaran RTLH (rumah tidak layak huni) nominal Rp 10 juta, bantuan untuk anak yatim 42 paket masing-masing senilai Rp 100 ribu, 50 paket sembako senilai masing-masing Rp 150 ribu untuk masyarakat kurang mampu dan untuk 20 anak stunting  masing senilai Rp 100 ribu.

Di samping itu juga bantuan penyambungan listrik lima penerima masing-masing senilai Rp 1,5 juta. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, desa miskin ekstrim di Purbalingga pasti mendapatkan perhatian lebih.

Ia menuturkan BKK yang digunakan untuk pengaspalan jalan ini merupakan aspirasi dari Anggota DPRD Purbalingga Fraksi PDIP Perjuangan Bayu Widyatama.

"Mudah-mudahan jalan ini bisa memberikan manfaat bagi panjenengan semua, sing penting kita jaga, kita rawat bareng-bareng. Dengan diresmikannya jalan ini mudah-mudahan menambah semangat bagi masyarakatnya dan berkah barokah," kata bupati.

 

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark