Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi

Red: Muhammad Fakhruddin

Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi (ilustrasi).
Wagub Jateng Ingatkan UKM Jadi Penyelamat Ekonomi Selama Pandemi (ilustrasi). | Foto: Antara/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebutkan Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu penyelamat ekonomi selama pandemi COVID-19 melanda di wilayah ini.

"Pandemi telah memporak-porandakan dunia, bukan hanya Jateng. Atas bimbingan presiden RI baik melalui Kementerian UKM maupun kesehatan, dapat dilalui semua," kata Taj Yasin dalam acara Fasilitasi Pengembangan Alkes Produksi UMKM untuk Ketahanan Alkes Nasional, di Solo, Jumat (19/8/2022).

Wagub mengatakan COVID-19 tersebut bukan hanya berdampak pada kesehatan tetapi juga ekonomi. Dengan penanganan COVID-19 di sektor kesehatan, maka juga dibutuhkan peran UKM dalam mengatasi masalah kesehatan.

Apalagi, Kota Solo, menurut dia, juga terkenal atas produksi obat herbalyang juga merupakan salah satu andalan produksi dari pelaku usaha kecil untuk mengatasi persoalan kesehatan.

Baca Juga

Wagub menjelaskan Pemerintah Provinsi Jateng belum lama ini, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), telah melaunching beberapa produk dari UKM. Salah satunya sudah mulai membeli produk UKM. Semuanya waktu itu, pelaku UKM tidak hanya berterima kasih, tetapi juga kewalahan.

"Inilah kenapa selalu ekonomi kerakyatan benar-benar dapat membantu kami Pemprov di Jateng," kata Wagub.

Wagub mengatakan di Jateng terdapat 4.131.277 UKM, yang apabila satu UKM ini memperkerjakan2 hingga 3 orang, maka sudah menyerap 25 persentenaga kerja yang ada di Jateng. Jumlah ini bisa bertambah lagi kedepannya, apabila lahir UKM-UKM baru yang terlibat di sektor kesehatan.

"Hal ini, yang akan kita dorong. Kami berterima kasih kepada Presiden, karena anggaran kita sekitar 40 persen harus beli produk dalam negeri. Ini bagian dari bagaimana kita membuat masyarakat nasionalismenya meningkat," kata Wagub.

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Alat Kesehatan (Alkes) Produksi UMKM untuk Ketahanan Alkes Nasional ini juga dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Dirjen Kefarmasian dan Alkes Kemenkes L. Rizka Andalucia dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM di Jawa Tengah.

Setelah mengikuti acara Dukungan Pemerintah kepada UMKM bersama pengembangan UMKM Alkes tersebut Menkes, Menkop dan UKM serta Wagub Jateng menyempatkan diri melihat-melihat stan-stan produksi UKM alkes.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Belanja Subsidi Tembus Rp 502 T, Ekonom: Picu Inflasi Tembus Lima Persen

Festival UMKM Rumah Zakat Meriahkan HUT 77 RI

Peningkatan Peran UMK Perempuan Butuh Kebijakan yang Mendukung

Kemenparekraf Bakal Permudah UMKM Masuk Pengadaan Barang Pemerintah

Dorong Kemajuan UMKM, Digital Entrepreneur Academy Resmi Diluncurkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark