Semarak Kemerdekaan, Mahasiswa KKN UAD Berlomba Bersama Warga

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Mahasiswa KKN UAD menyemarakkan HUT ke-77 RI bersama warga di RT 06 Dagaran, Palbapang, Kabupaten Bantul, DIY.
Mahasiswa KKN UAD menyemarakkan HUT ke-77 RI bersama warga di RT 06 Dagaran, Palbapang, Kabupaten Bantul, DIY. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikut menyemarakkan HUT ke-77 RI. Mahasiswa KKN UAD Periode 96 Kelompok III A1 ini menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI dengan berolahraga dan berlomba bersama warga di RT 06 Dagaran, Palbapang, Kabupaten Bantul, DIY.

Kepala Dukuh Dagaran, Harjono mengatakan, olahraga yang digelar bersama mahasiswa KKN UAD ini mulai dari jalan sehat hingga senam bersama. Untuk jalan sehat dilaksanakan dengan rute sepanjang 2,1 kilometer di Kelurahan Palbapang.

Selain itu, juga digelar senam bersama yang diikuti warga dan mahasiswa KKN. Senam sehat ini digelar di area sekitar panggung yang sudah disiapkan di RT 06 Dagaran, Palbapang.

Tidak hanya itu, rangkaian kegiatan semarak kemerdekaan di daerah tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan. Lomba ini diikuti oleh semua kalangan warga, mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, hingga lansia.

"Rangkaian kegiatan olahraga masyarakat dan lomba 17-an ini merupakan tradisi yang perlu dilestarikan untuk semakin memupuk nasionalisme dan mempererat hubungan antar warga," kata Harjono, Selasa (23/8/2022).

Salah satu mahasiswa KKN UAD, Hasim menyebut, kegiatan jalan sehat dan senam bersama yang diselenggarakan sesuai dengan salah satu program kerja di bidang olahraga masyarakat. Pihaknya pun berharap kehadiran mahasiswa KKN di Palbapang, Bantul, ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar.

Kelompok mahasiswa KKN UAD Periode 96 Kelompok III A1 beranggotakan sembilan. Seluruh mahasiswa KKN tersebut berasal dari berbagai program studi dengan dosen pembimbing yakni Nur Syarianingsih Syam.

"Kami senang kehadiran kami diterima dengan sangat baik oleh warga dan bahkan diajak berkolaborasi dalam kegiatan warga. Melalui ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat," kata Hasim.

Ketua panitia acara sekaligus Ketua RT 06, Suparman mengatakan, rangkaian semarak kemerdekaan dapat terselenggara karena adanya kolaborasi antara warga dengan mahasiswa KKN UAD. Seluruh rangkaian acara pun digelar dengan sukses atas kerja sama dari warga dan juga mahasiswa KKN.

"Terima kasih kepada seluruh warga atas sumbangsihnya, baik berupa harta benda, pikiran, maupun tenaganya dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak lupa kepada para mahasiswa KKN UAD yang telah membantu persiapan hingga pelaksanaan pada hari ini," ujarnya.

Salah satu warga Palbapang, Titis Nurina menilai, kehadiran mahasiswa KKN UAD sangat membantu dalam mensukseskan kegiatan yang digelar warga. Bahkan, katanya, mahasiswa KKN juga melatih dan mendampingi warga selama persiapan sebelum acara.

"Alhamdulillah, kakak-kakak mahasiswa KKN UAD turut berkontribusi dalam kesuksesan acara jalan sehat. Selama masa persiapan sebelum acara, mereka melatih dan mendampingi para remaja, sehingga berani tampil menjadi pembawa acara, hingga petugas-petugas lomba. Hal ini penting untuk bekal keterampilan para remaja di masa depan," kata Titis.

 

Terkait


Semarakkan Kemerdekaan, Banyumas Tampilkan 7 Pertunjukan Dalang Muda

Cegah Kenakalan Remaja, Mahasiswa KKN UAD Gelar Sosialisasi

Mahasiswa KKN UAD Gelar Gebyar Festival Anak Shaleh

Dekatkan Anak dengan Alam, Mahasiswa UAD Gelar Tadabbur Alam

Mahasiswa UAD Manfaatkan Sampah Plastik dengan Metode Ecobrick

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark