112 Kendaraan Hias Meriahkan Karnaval Pembangunan Cilacap

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Warga menyaksikan karnaval mobil hias dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI (ilustrasi).
Warga menyaksikan karnaval mobil hias dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Syaiful Arif

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Sebanyak 112 kendaraan hias ikut ambil bagian dalam Karnaval Pembangunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (25/8/2022). Arak-arakan kendaraan hias tersebut dilepas Bupati Tatto Suwarto Pamuji di Jalan Setiabudi, Kelurahan Kebonmanis, Cilacap Utara.

Selanjutnya, arak-arakan kendaraan hias menempuh rute sekitar lima kilometer melalui Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Gatot Subroto, Jalan S. Parman, dan finish di Jalan Jenderal Sudirman Cilacap, depan Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Kendaraan hias tersebut menampilkan berbagai karakter. Ada replika penyu raksasa yang merupakan salah satu ikon Cilacap, bunga Wijayakusuma, ikan raksasa, alat berat, hingga virus corona sesuai dengan bidang tugas dari tiap dinas/instansi.

Karnaval Pembangunan ini menjadi salah satu kegiatan penutup dalam rangkaian acara peringatan HUT ke – 77 RI 2022 Tingkat Kabupaten Cilacap. Ditemui usai melepas arak-arakan mobil hias, Tatto menjelaskan karnaval ini merupakan representasi capaian pembangunan segenap jajaran pemerintahan Kabupaten Cilacap.

“Inilah pembangunan di Cilacap selama lima tahun seperti apa, dipamerkan di sini”, kata bupati.

Dalam kegiatan ini, bupati sekaligus menyapa masyarakat yang menyaksikan arak-arakan kendaraan hias. Dengan berjalan kaki, ia melayani masyarakat yang antusias meminta foto bersama.

Ketua Panitia Karnaval Pembangunan Cilacap, Bambang Tujiatno menjelaskan, peserta karnaval dibagi dalam tiga kategori, yakni sekolah dan perguruan tinggi, OPD/instansi vertikal, dan umum.

“Ini adalah media promosi dan komunikasi dengan masyarakat. Di OPD misalnya pelayanan primanya diunggulkan di mobil hias. Juga BUMD, dan hasil tani, dan sebagainya ditampilkan," jelasnya.

Pantauan di lapangan, Karnaval Pembangunan ini sukses menyedot ribuan penonton. Mereka memadati sepanjang jalan protokol yang menjadi rute kendaraan hias.

Acara ini  juga menjadi salah satu hiburan yang sangat dinantikan masyarakat. Terutama setelah dua tahun sebelumnya vakum akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Dua Tahun Vakum, Tasyakuran Festival Nelayan Cilacap Digelar Lagi

HUT RI Ke-77, Pemkab Cilacap Luncurkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Jadi 'Pilot Project' Pengolahan Sampah RDF, Cilacap Dikunjungi Pemda Bontang

Pemkab Cilacap dan Pertamina Tanam 14 ribu Bibit Mangrove

Pemkab Cilacap Targetkan 5.000 ekor Sapi Divaksinasi PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark