Emil Dardak Jadi Pimpinan Parpol Paling Populer di Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Emil Dardak Jadi Pimpinan Parpol Paling Populer di Jatim. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.
Emil Dardak Jadi Pimpinan Parpol Paling Populer di Jatim. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Survei yang diselenggarakan Surabaya Survey Center (SSC) mengungkapkan, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak sebagai pimpinan Parpol paling populer di Jatim. Wakil Gubernur Jatim itu memiliki popularitas mencapai 78,8 persen dan unggul jauh dibanding pimpinan Parpol lainnya di Jatim. Di posisi kedua ada Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi dengan tingkat popularitas 28,2 persen, dan Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad di posisi ketiga dengan raihan 27,8 persen. 

Nama-nama pimpinan Parpol di Jatim lainnya hanya memiliki popularitas di bawah 20 persen. Seperti Abdul Halim Iskandar (PKB) dengan 18,8 persen, M Sarmuji (Golkar) 12,8 persen, Mundjidah Wahab (PPP) 7,8 persen, Iwan Setiawan (PKS) 7,0 persen, Sri Sajekti Sudjunadi (Nasdem) 6,6 persen, dan Ahmad Rizki Sadiq (PAN) 5 persen.

Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam menyebut tingginya popularitas Emil Dardak sebagai ketua Parpol di Jatim bisa menjadi keuntungan besar bagi Demokrat. Karakter Emil Dardak yang digambarkan sebagai pimpinan muda, cerdas, dan populer bisa menjadi daya tarik bagi Demokrat, khususnya untuk menggaet suara kaum milenial.

"Secara panggung ini harus bisa dimanfaatkan untuk effect positif bagi Demokrat. Karena sebagai pejabat publik yang sangat politis ini, Emil akan sangat mudah untuk bisa menjadi daya tarik guna mengerek suara Demokrat," kata Surokim, Selasa (30/8).

Baca Juga

Surokim melanjutkan, dengan sisa waktu yang terbilang panjang, Demokrat busa memanfaatkan faktor Emil Dardak untuk mengerek elektabilitas, yang saat ini masih di bawah PDIP, PKB, dan Gerindra. Surokim menyebut, politik sangatlah dinamis dan semuanya masih sangat mungkin berubah dengan waktu yang tersisa sebelum Pemilu 2024.

"Dengan memaksimalkan panggung yang ada bagi Emil, sangat besar peluangnya untuk mengerek Demokrat Jatim  dalam Pemilu nanti. Karena sebagai Wagub akan banyak waktu untuk bertemu dengan publik, berdiskusi dengan publik. Banyak keuntungan bisa dikapitalisasi untuk Demokrat, " ujar Surokim. 

Menanggapi hasil survei tersebut,  Sekretaris DPD Partai Demokrat Muhamad Reno Zulkarnaen mengakui, dipimpin politikus muda yang populer adalah modal besar untuk kemenangan Demokrat di Jatim. Apalagi menurutnya, survei merupakan fakta yang tidak terbantahkan. Ia pun mensyukuri raihan tersebut yang menurutnya membuktikan Demokrat semakin menunjukkan eksistensi untuk semua kalangan.

"Bahkan, bisa dikatakan generasi milenial juga memiliki harapan besar agar  Demokrat bisa mewakili aspirasinya," kata Reno. 

Partai Demokrat, kata Reno, adalah partai yang dipimpin kelompok muda yang luar biasa. Dimana Ketua Umum Demokrat saat ini dijabat oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga merupakan anak muda, dimana usianya masih 44 tahun. Kemudian ada Ketua DPD Demokrat Jatim yang dipimpin Emil Dardak yang usianya masih 38 tahun.

"Ini modal yang kami yakini kami bisa menang di Pemilu mendatang, " ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim tersebut. Reno optimistis, kepemimpinan Emil Dardak di Jatim akan lebih baik dan meraih banyak simpati masyarakat pada Pemilu 2024.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Emil Dardak Ingatkan Mahasiswa tak Menjadi Distracted Generation

Penobatan Indonesia Sebagai Negara Terindah Diharapkan Dongkrak Wisata

Khofifah Ingatkan Pemuda Terus Berinovasi dan Improvisasi

Cacar Monyet Masuk RI, Warga Jatim Diminta Tenang

Jatim Upayakan Peningkatan Investasi Lewat Kepastian Hukum

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark