Wali Kota Surabaya Minta PKL Dicegah Berjualan di Atas Saluran Air

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Pedagang kaki Lima
Ilustrasi Pedagang kaki Lima | Foto: Foto : MgRol_92

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta agar saluran air di daerah Ketintang, tepatnya di depan Kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) bebas dari Pedagang Kaki Lima (PKL). Eri pun memerintahkan camat dan lurah untuk rutin melakukan pengecekan dan patroli agar tempat di atas saluran air tersebut tidak digunakan tempat berdagang oleh para PKL. 

Eri mengingatkan, jika tidak dilakukan patroli secara rutin di sekitar Ketintang, maka PKL baru akan nekat berjualan di atas saluran. Apabila itu dibiarkan, secara tidak langsung mengakibatkan perekonomian pedagang di Sentra Didital Kuliner (SDK) Telkom Ketintang yang berada di sebelahnya tidak berputar maksimal. 

"Itu (PKL baru) kalau dibiarkan di atas saluran, mati yang jualan di SDK. Tolong diperhatikan Pak Camat dan Bu Camat. Mobil Satpol PP (Trantibum) itu tidak boleh di kantor, harus muter, biar nggak ditempati PKL baru," kata Eri, Kamis (1/9/2022).

Eri Cahyadi bahkan meminta kepada camat dan lurah untuk menyiagakan petugas Trantibum di titik rawan yang biasa dijadikan tempat mangkal PKL baru. Harapannya, agar tidak terjadi aksi kucing-kucingan antara petugas Trantibum dengan PKL baru. Jika masih ketahuan ada yang nekat berjualan di atas saluran,lanjut Eri, petugas Trantibum harus berani ambil tindakan tegas dengan melakukan penertiban.

"Ojok keliling sepisan tok (jangan keliling sekali saja), tugas dibagi, regu satu lewat jalan ini, satunya lagi lewat jalan itu. Ketika ada yang muncul, langsung diinggirno (disingkirkan)" ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Eri Minta Camat Cegah PKL Berjualan di Atas Saluran

Apresiasi Pasar Pelita Sukabumi, Wagub Jabar Dorong PKL Pindah ke Pasar Pelita

Hidupkan Perdagangan Pasar Pelita, Pemkot Sukabumi Kembali Tertibkan PKL

Pemkot Jakbar Perluas Lokasi untuk Tampung PKL Kota Tua

PKL Lokbin Kota Intan Jakarta Barat Dikenai Uang Retribusi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark