Kamis 01 Sep 2022 21:26 WIB

Sultan HB X Apresiasi Pengembangan Budaya Seni Mataraman di Madiun

Sri Sultan HB X juga mengapresiasi pembangunan di Kota Madiun saat ini.

Sultan HB X Apresiasi Pengembangan Budaya Seni Mataraman di Madiun (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Sultan HB X Apresiasi Pengembangan Budaya Seni Mataraman di Madiun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, yang mengembangkan budaya dan seni Mataraman dalam membangun wilayahnya.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan dalam kunjungannya di Kota Madiun, Sri Sultan Hamengku Buwono X memuji wajah Kota Pendekar yang kian cantik dengan pernak-pernik khas Yogyakarta.

Baca Juga

"Banyak yang menyerupai Yogyakarta. Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi," ujar Wali Kota Maidi saat menerima kunjungan Sri Sultan Hamengku Buwono(HB) X di Madiun, Kamis (1/9/2022).

Menurut dia, Sri Sultan HB X juga mengapresiasi pembangunan di Kota Madiun saat ini. Bahkan muncul gagasan adanya hibah budaya Mataraman.

"Insya Allah, kami akan mengembangkan budaya dan seni Mataraman di Kota Madiun," kata Maidi.

Pengembangan seni budaya Mataraman yang diadopsi dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat telah menjadi pembahasan oleh pemda di wilayah Bakorwil Madiun, termasuk Kota Madiun di masa kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Pengembangan seni budaya Mataraman itu bertujuan untuk melestarikan budaya tersebut agar terjaga, bertahan, dan mampu bersaing di era kemajuan teknologi dan informasi yang pesat berkembang.

Dalam kunjungannya di Kota Madiun, Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama rombongan menyempatkan diri makan siang di sebuah rumah makan di Jalan Agus Salim Kota Madiun dengan disambut oleh Wali Kota Madiun Maidi bersama jajaran.

Setelah transit di Kota Madiun, Sri Sultan Hamengku Buwono X melanjutkan perjalanannya ke Trenggalek dan Tulungagung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement