Prediksi Persis Solo vs PSS Sleman : Duel Curi Poin Tanpa Penonton

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq

Sesi latihan Persis Solo sebelum laga melawan PSS, Jumat (9/9/2022).
Sesi latihan Persis Solo sebelum laga melawan PSS, Jumat (9/9/2022). | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Laga antara PSS Sleman kontra Persis Solo akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (10/09/2022) pukul 18.15 WIB. Laga tersebut akan menjadi pembuktian tim mana yang akan memperbaiki perbaikan catatan pertandingan meski tanpa penonton.

Sampai hari ini, Persis Solo telah mengamankan tujuh poin dan menempatkannya di urutan ke-15 klasemen sementara. Hasil tersebut didapat dari dua kemenangan, satu hasil imbang, dan lima kekalahan dari delapan pertandingan yang telah dilakoni.

 

Tentu, hasil tersebut tidak bisa dikatakan baik. Namun, sebagai tim promosi yang sempat terpuruk di awal BRI Liga 1 2022/2023 karena empat kekalahan beruntun, Laskar Sambernyawa mulai menemukan momentum permainannya setelah menekuk Bhayangkara FC 1-0 di kandang lawan.

 

Momentum Laskar Sambernyawa berlanjut ketika melawan Madura FC sang pemuncak klasemen sementara. Persis mampu mencuri poin penuh dalam laga kandang 23 Agustus 2022 lalu.

 

Meski telah selamat dari zona degradasi, Persis ingin memperbaiki catatan buruk awal musim tersebut. Caretaker Persis Solo, Rasiman menilai, punggawa Laskar Sambernyawa memiliki kondisi mental bermain yang bagus dan semangat. Oleh karena itu, ia bertekad untuk mencuri poin di kandang Super Elang Jawa (Elja).

 

"Semangat ini yang nantinya akan kita bawa dan terapkan. Harapannya dari game ke game semakin membaik," kata Rasiman saat jumpa pers.

 

Selain itu, dengan absennya 11 pemain PSS menjadi keuntungan tersendiri bagi Persis Solo. Meski begitu, Rasiman mengatakan tidak terlena dengan hal tersebut dan tetap waspada. Ia menilai absennya pemain tidak akan banyak berpengaruh pada kekuatan PSS, apalagi itu laga kandang untuk mereka.

 

"Saya rasa semua tim Liga 1 sudah menyiapkan timnya dengan baik. Saya yakin pelatih Seto (pelatih PSS) sudah mempersiapkan timnya. Apapun itu, karena mereka main di kandang, kami harus waspada," kata Rasiman.

 

Sementara itu, PSS Sleman menempati peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Hasil tersebut diperoleh dari dua kali kemenangan, tiga kali imbang serta tiga kali kekalahan dari delapan laga. 

 

Selanjutnya, dalam laga nanti PSS akan tampil dengan pemain terbatas karena badai cedera pada pemainnya. Meski begitu, pelatih Super Elja Seto Nurdiantoro bertekad untuk memenangkan laga kandang tersebut. Meski ia juga mengakui bahwa tim lawan juga menginginkan hal yang sama. Ia berharap laga nanti akan layak untuk ditonton.

 

“Yang jelas kami ingin memenangkan pertandingan. Saya pikir Persis Solo sama persis juga pengen menang, soalnya mereka banyak kehilangan poin. Artinya mudah-mudahan besok pertandingan akan menarik walaupun tanpa suporter,” tegasnya.

 

Meski tak mempunyai banyak pilihan, Seto mengungkapkan akan mengoptimalkan performa tim yang ada. Ia berharap agar kondisi pemain semakin optimal untuk menghadapi Persis Solo. 

 

“Hampir 11 pemain kami kehilangan, jadi tidak banyak pilihan. Ya kita optimalkan 19 pemain mudah-mudahan untuk besok kondisi pemain semakin membaik. Jadi untuk evaluasi tidak hanya sekadar di teknis tapi ada beberapa yang harus kita perbaiki dan kita sudah coba melakukan perbaikan, mudah-mudahan menjadikan sesuatu yang positif bagi kami,” terangnya. 

 

Prediksi susunan pemain 

 

PSS Sleman (4-4-2) 

 

M Ridwan; D Rachman, Jehad Ayoub, Tallysson, B Nirwanto; Ze Valente, M Cingi; I Mila, K Kurniawan, T Ferre; B Solossa.

 

Pelatih : Seto Nurdiantoro.

 

Persis Solo (3-5-2) :

 

M Riyandi, A Lestaluhu, F Beltrame, Eky Taufik, Taufik Febriyanto, S Tan, Gianluca Pandeynuwu, R Matsumura, A Messidoro, A Indie; Fernando Rodriguez.

 

Pelatih sementara: Rasiman.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Badai Cedera, PSS tak Patah Arang

PSS Sleman Enggan Remehkan Persis Solo

Polda DIY Minta Suporter Persis tak Diberikan Tiket Menonton di Sleman

Lawan PSS Sleman, Dua Pilar Persis Solo Dipastikan Absen

Lawan PSS, Dua Pilar Persis Solo Dipastikan Absen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark