Buka Akses Kerja, Amikom Offline Jobfair Kembali Digelar

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Menggeliatnya perekonomian Indonesia memaksa pemerintah untuk terus berusaha menggerakkan roda perekonomian rakyat yang sebelumnya lesu selama masa pandemi. Salah satu yang harus dilakukan membuka peluang akses ketenagakerjaan.

DIY sendiri memiliki sangat banyak tenaga kerja yang belum tersalurkan mengingat banyaknya perguruan tinggi. Dari sana, Business Placement Center & Alumni (BPC) Universitas Amikom Yogyakarta menggelar Amikom Offline Jobfair 2022 yang kelima.

BPC telah melaksanakan agenda jobfair secara luring dua kali dan daring dua kali pada tahun sebelumnya. Direktur BPC, Kusnawi mengatakan, lulusan Amikom sendiri saja berjumlah kurang lebih 2.000-3.000 lulusan setiap tahunnya.

Amikom dengan tiga fakultas melahirkan lulusan dengan berbagai latar belakang akademik. Hal ini mengindikasikan perguruan tinggi lain di Yogyakarta, juga pastinya memiliki banyak lulusan setiap tahun yang perlu disalurkan ke dunia industri.

Kusnawi berharap, alumni-alumni bisa mencari pekerjaan sesuai dengan hasrat, kesempatan, dan kemampuan mereka. Sebab, fakta dunia kerja kini banyak lulusan yang akhirnya merasa salah ambil pekerjaan pertama, sehingga karirnya terhenti.

"Maka itu, di Amikom Offline Jobfair 2022 kali ini disediakan empat booth khusus untuk career coaching, khusus bagi para pencari kerja yang hadir," kata Kusnawi, Senin (12/9/2022).

BPC sendiri jadi direktorat kunci di Amikom. Amikom Jobfair 2022 diselenggarakan dalam rangka meminimalisir jumlah angka pengangguran. Kegiatan ini diikuti 20 perusahaan dengan ratusan lowongan kerja, dengan kebutuhan ribuan tenaga kerja.

Senada, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kealumnian Amikom, Dr Achmad Fauzi menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian perguruan tinggi terhadap alumni dan masyarakat secara umum. Serta, pencari kerja secara khusus.

"Memberikan kesempatan kepada industri untuk secara langsung bertemu pencari kerja. Serta, pencari kerja secara langsung mengenal industri dalam agenda ini, yang turut menginspirasi kegiatan kali ini dapat dilaksanakan secara luring," ujar Fauzi.

Ketua Panitia Amikom Jobfair 2022, Ali Mustopa menambahkan, kegiatan digelar 13-14 September 2022 di Ballroom Indraprasta Sahid Jwalk Hotel Babarsari. Kegiatan ini dibuka mulai pukul 08.30-16.00 WIB  diikuti perusahaan di DIY maupun luar daerah.

Ada Tokopedia, Apotek K24, Metrodata, Larissa, dan beberapa perusahaan nasional dan internasional lain. Amikom Offline Jobfair 2022 ini gratis untuk masyarakat umum dan siapa saja boleh datang dan mencoba menemukan pekerjaan di acara ini.

"Sebelum datang silakan mengisi buku tamu di https://career.amikom.ac.id/jobfair sebagai pencari kerja. Lalu, pada hari H silakan hadir untuk registrasi ulang. Semua pengunjung yang hadir berpakaian rapi dan membawa berkas yang diperlukan," kata Ali.

Koordinator Amikom Jobfair 2022, Rifda menambahkan, tidak sekadar jobfair, BPC mengadakan rangkaian acara lain seperti seminar, bimbingan karir dan presentasi perusahaan. Semua acara 100 persen gratis bagi pencari kerja yang hadir di sana.

"Bimbingan karir akan didampingi oleh sembilan career coach yang sangat berpengalaman di bidangnya. Untuk mengakses rangkaian acara dan informasi terupdate dapat mengakses di https://career.amikom.ac.id/jobfair, @bpcamikom, dan @amikomjogja," ujar Rifda.

 

Terkait


Lulusan Perguruan Tinggi Dituntut Miliki Kemampuan Adaptif

Kompetensi Lulusan Kampus yang Ideal Menurut Presiden Jokowi

'Banyak Lulusan Perguruan Tinggi tak Cocok Kebutuhan Kerja'

Kemendikbud: Dunia Kerja Terdisrupsi Akibat Transformasi

Era Milenial, Ada Keterampilan yang Perlu Dilatih Mahasiswa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark