Rabu 14 Sep 2022 16:59 WIB

BB TNBTS Sayangkan Turis Asing Kencingi Kawah Gunung Bromo

Siapa pun berkunjung ke TNBTS harus menjunjung tinggi dan menghormati kesakralannya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Suasana Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Suasana Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebuah unggahan viral di media sosial Instagram. Pemilik akun @hometown.earth diduga telah mengencingi kawah Gunung Bromo.

Berdasarkan pengamatan Republika, unggahan tersebut telah dihapus oleh pemilik akun pada Rabu (14/9/2022) pukul 14.30 WIB. Namun unggahan tersebut sudah diunggah ulang oleh sejumlah akun milik orang Indonesia lainnya. Sebab itu, aksi tersebut masih beredar di medsos dan menimbulkan kemarahan warganet.

Mengetahui hal tersebut, Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Kehumasan, Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat mengaku prihatin, kecewa dan menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut. Selain tidak etis, kencing di sembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yg dihormati oleh masyarakat Tengger.

Menurut Sarif, Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) memang dikenal karena keindahan alamnya. Namun lokasi tersebut juga disucikan atau dihormati oleh masyarakat Tengger. Oleh karena itu, siapa pun yang berkunjung ke TNBTS bisa menjunjung tinggi dan menghormati kesakralannya.

Ada pun terkait tindak lanjut terhadap wisatawan asing tersebut, Sarif menyatakan, sejauh ini hanya berupa penyampaian keprihatinan. Selanjutnya, pihaknya akan mengupayakan edukasi baik melalui media sosial maupun lainnya agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Dan diharapkan bisa efektif dan menambah wawasan pengunjung Bromo dan sekitarnya," ucap Sarif saat dikonfirmasi Republika, Rabu (14/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement