Pemkab Mojokerto Serahkan Sertifikat Merek Dagang kepada 60 IKM

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Mojokerto Serahkan Sertifikat Merek Dagang kepada 60 IKM (ilustrasi).
Pemkab Mojokerto Serahkan Sertifikat Merek Dagang kepada 60 IKM (ilustrasi). | Foto: ANTARA/SYAIFUL ARIF

REPUBLIKA.CO.ID,MOJOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Mojokerto Jawa Timur menyerahkan sertifikat merek dagang kepada sekitar 60 Industri Kecil Menengah (IKM) bidang makan minum (mamin) di kabupaten setempat.

Bupati Sidoarjo Ikfina Fahmawati mengatakan sertifikat merek dagang diperoleh para IKM itu buah program dari fasilitasi standarisasi Disperindag Kabupaten Mojokerto yang terdaftar di DJKI Kemenkumham.

"Alhamdulillah saat ini produk kita semuanya bermerek dan diakui. Karena jika ini tidak memiliki merek yang terdaftar dan diakui maka bisa saja produk nya di pakai orang lain," katanya di sela penyerahan sertifikat secara simbolis kepada IKM ikan tenggiri 'Dua Bersaudara', Titik Hidayati asal Kutorejo, Kamis (15/9/2022).

Ia mengatakan, fasilitasi standarisasi merk dagang bagi para IKM Kabupaten Mojokerto itu diharapkan bisa menjadi pendorong untuk menguatkan keberadaan produk IKM khususnya mamin di tengah para konsumennya.

Baca Juga

Selain itu, kepemilikan merek dagang itu sangat penting untuk mengantisipasi pertikaian dengan pelaku usaha lain dengan merk sama. "Sehingga ini akan mempengaruhi penjualan dan pelanggan bisa terkecoh dengan merk yang sama," katanya.

Ikfina berpesan para IKM yang terdaftar memiliki merek dagang itu untuk terus meningkatkan kualitas produk karena kualitas mutu suatu produk dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen.

Selain itu, Ikfina juga meminta, para IKM untuk mengupayakan produknya memiliki harga yang bersaing. "Lantaran saat ini bersamaan dengan adanya inflasi. Maka kualitas bukan nomor satu. Yang dicari masyarakat kita ini adalah yang utama harga yang murah. Maka kita harus menyesuaikan pasar dan pelanggan kami," katanya.

Dalam penyerahan merk tersebut Bupati Ikfina didampingi Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah dan Camat Kutorejo Nuryadi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


PNM Raih Penghargaan TOP Digital Corporate Brand Award 2022

Pemkot Mojokerto Permudah Ekspor Pelaku IKM

Dorong Naik Kelas, Pelaku UMKM di Sukabumi Digembleng Soal Branding dan Kemasan

Maucash Dukung UMKM untuk Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Gandeng OJK, Erick Thohir Ingin KUR UMKM dengan Bunga 0 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark