World Cleanup Day 2022, Ratusan Karyawan Sampoerna Tanam Mangrove di Dua Kota

Red: Fernan Rahadi

Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Vassilis Gkatzelis dan Direktur Urusan Eksternal Elvira Lianita secara simbolis menyerahkan bibit tanaman mangrove kepada mitra tanggung jawab sosial perusahaan Sea Soldier, di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (17/9/2022) menyambut World Cleanup Day 2022.
Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Vassilis Gkatzelis dan Direktur Urusan Eksternal Elvira Lianita secara simbolis menyerahkan bibit tanaman mangrove kepada mitra tanggung jawab sosial perusahaan Sea Soldier, di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (17/9/2022) menyambut World Cleanup Day 2022. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menyambut World Cleanup Day, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Sea Soldier melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta penanaman bibit mangrove secara serentak di dua lokasi yaitu Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta dan Wisata Mangrove Conservation Center, Wonorejo, Surabaya, Sabtu (17/9/2022) 

Ratusan karyawan Sampoerna di kedua kota tersebut secara langsung berpartisipasi membersihkan lingkungan sekitar serta menanam mangrove atau tanaman bakau.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 900 bibit mangrove ditanam di kedua lokasi. Para peserta juga berhasil mengumpulkan 431 kg sampah non-organik yang diambil dari sekitar taman wisata di kedua kota. 

Presiden Direktur Sampoerna Vassilis Gkatzelis mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta penanaman bibit mangrove sejalan dengan kampanye #SayaAjaBisa yang telah digaungkan Sampoerna sejak tahun 2019 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keberlangsungan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, termasuk puntung.

"Dalam melestarikan lingkungan, Sampoerna berkomitmen untuk mengurangi dan mendaur ulang limbah dari kegiatan operasi kami, termasuk limbah pasca konsumsi. Komitmen tersebut direalisasikan melalui berbagai kegiatan, seperti kampanye edukasi mengenai kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya," ujar Vassilis dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Ia juga menyampaikan, kampanye ini merupakan bagian dari program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia. Pada kesempatan itu, Vassilis juga menekankan pentingnya mangrove sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan serta mitigasi pemanasan global di tingkat nasional dan global. Pasalnya, tanaman ini dapat menyerap karbon.

"Tak hanya itu, mangrove juga dapat menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai. Hutan mangrove juga menjadi habitat penting bagi banyak spesies di laut," ujarnya.

Vassilis berharap kegiatan yang dilakukan Sampoerna tersebut dapat berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan menginspirasi pihak lainnya untuk ikut serta berupaya melestarikan lingkungan.

"Mari kita bersama-sama memulai kegiatan hari ini dan saling menginspirasi satu sama lain untuk melestarikan lingkungan," tutupnya. Vassilis hadir dalam kegiatan tersebut di Jakarta, didampingi oleh Direktur Urusan Eksternal Sampoerna Elvira Lianita, serta Kepala Urusan Eksternal Ishak Danuningrat.

 

Terkait


Pertamina Tanam 10 Ribu Mangrove Cegah Abrasi di Sorong

Petrokimia Gresik Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Utara

PT KCN Tanam Bibit Mangrove, Sudin LH Jakut Evaluasi Pencabutan Izin

Wawali Surabaya Minta Normalisasi Sungai Mangrove Dihentikan

Pegiat Lingkungan: Normalisasi Sungai Surabaya Rusak Tanaman Mangrove

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark