Dibakar Mantan Suami Hingga Cacat, Korban KDRT Lapor Polisi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).
Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). | Foto: Foto : MgRol112

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Seorang wanita warga Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas melapor ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polresta Banyumas usai menjadi cacat akibat dibakar oleh mantan suaminya beberapa waktu lalu.

Korban bernama IN (34 tahun), menderita luka bakar 90 persen akibat perbuatan mantan suami korban TP (43 tahun), warga Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas. Pelaku diketahui juga sedang menjalani hukuman penjara atas kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) suami jual istri beberapa waktu lalu.

Menurut Kasat Reskrim, Polresta Banyumas, Kompol Agus Supriadi Siswanto, IN melaporkan ke Polresta Banyumas pada Rabu (21/9/2022), dengan mengaku menjadi korban KDRT oleh TP.

"Penganiayaan yang dilakukan oleh TP dilakukan pada Sabtu tanggal 21 Mei 2022 lalu sekitar pukul 09.00 WIB," ujar Kompol Agus, Jumat (23/9/22).

Korban menceritakan, kronologis kejadian tersebut bermula saat korban diajak untuk bertemu dengan tersangka untuk mengambil dokumen keluarga.

Di tengah perjalanan, korban diajak pelaku untuk berhubungan badan di dalam kendaraan roda empat. Namun, korban yang menolak malah mendapatkan penganiayaan dari pelaku.

Sesampainya di rumah, korban kemudian disiksa dan ketika pingsan, ia dibakar oleh TP hingga mengalami luka bakar 90 persen. Beruntung nyawanya berhasil selamat setelah dirawat di rumah sakit.

Atas perbuatannya TP dikenakan Undang - undang Tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga dan Pasal 44 Ayat 2 dan Pasal 47 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun atau denda maksimal Rp 15 juta.

Kemudian jika korban mengalami luka berat atau jatuh sakit, pelaku bisa dipidana penjara maksimal 10 tahun atau denda maksimal Rp 30 juta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Polisi Tangkap Suami Pembakar Istri Hidup-Hidup di Depok

Suami-Istri di Blitar Tega Aniaya Anak Asuhnya Sendiri yang Berusia Tiga Tahun

Kawal Kasus di Larantuka, KemenPPPA: KDRT Kini Urusan Negara

Laporan FBI Beberkan Pemicu Perceraian Angelina Jolie dan Brad Pitt

Menteri PPPA Desak Hukuman Maksimal Pelaku KDRT di Sumut

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark