Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno (ilustrasi).
Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno (ilustrasi). | Foto: Muhammad Hafil / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya menggelar sayembara desain patung Bung Karno dengan tema "Warisi Apinya, Jangan Abunya" yang berhadiah ratusan juta rupiah. Pemkot Surabaya memang berencana membangun patung Bung Karno di tengah perempatan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, pendaftaran sayembara desain patung Bung Karno tidak dipungut biaya atau gratis. Para peserta bisa melakukan pendaftaran dan pengiriman karya pada 6 Juni - 20 Oktober 2022. Tahap penjurian dan presentasi pada 23 hingga 30 Oktober 2022.

“Pameran karya pada 1 - 9 November 2022 dan pengumuman pemenang pada 10 November 2022. Karya dapat dikirimkan ke Disbudporapar Kota Surabaya,” kata Wiwiek di Surabaya, Senin (26/9).

Wiwiek menjelaskan, pada sayembara desain patung Bung Karno terdapat beberapa ketentuan. Di antaranya, bentuk patung seluruh tubuh, ekspresi mencerminkan semangat bangsa, desain patung dalam bentuk 3 dimensi mockup/model miniatur dengan ketinggian minimal 80 sentimeter, maksimal 100 sentimeter, dan dilengkapi dengan bentuk base atau landasan.

Baca Juga

“Material mockup bebas, desain patung merupakan karya orisinil, bukan plagiat dan tidak terikat hak cipta manapun. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu karya, menyertakan narasi dari desain karya patung,” ujarnya.

Wiwiek menjelaskan, Pemkot Surabaya berhak menyempurnakan desain yang akan diaplikasikan. Karya desain patung juara 1, 2, dan 3 akan menjadi hak milik Pemkot Surabaya. Karya yang tidak masuk nominasi juara dapat diambil kembali oleh peserta dalam jangka waktu 2 minggu setelah pengumuman pemenang.

Wiwiek menjelaskan, total hadiah dalam sayembara desain patung Bung Karno adalah ratusan juta. Peserta yang meraih juara pertama akan mendapatkan Rp 100 juta beserta sertifikat. Kemudian juara kedua mendapatkan Rp 60 juta beserta sertifikat, dan juara ketiga mendapatkan Rp 30 juta beserta sertifikat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno

Tuan Guru dan Ulama di NTB Diajak Luruskan Sejarah Bung Karno

Hasto Ungkap Pentingnya Pemikiran Geopolitik Soekarno untuk Hadapi Masalah Global

Rencana Patung Bung Karno, DPRD Indramayu: Tidak Ada Dalam RPJMD

Bicara di IAIN Pontianak, Hasto Ajak Mahasiswa Berjuang Seperti Bung Karno

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark