Survei: Golkar Partai Populer untuk Pemilih Muda

Red: Fernan Rahadi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy | Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) memperlihatkan Partai Golkar menjadi partai yang paling populer bagi pemilih muda. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurul Arifin menyebutkan meski menjadi partai politik tertua di Indonesia saat ini, ternyata Partai Golkar masih populer di mata anak muda.

"Saya pribadi mengapresiasi hasil survei ini. Ternyata Golkar sebagai partai tertua di Tanah Air, hingga kini masih relate dengan anak muda atau pemilih muda. Ini sekaligus membuktikan bahwa apa yang selama ini diperjuangkan Golkar juga diterima oleh para pemilih muda," kata Nurul dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Nurul menjelaskan, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, dalam Pilkada 2020 lalu menjadi partai penyumbang kader muda terbanyak. Ia menyebut ada 60 kader yang didorong Golkar maju di Pilkada 2020 lalu.

Sementara itu, Ikhwanul, Juru Bicara Gerakan BerkAH (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto), komunitas relawan Airlangga yang selama ini fokus berdialog dengan anak-anak muda, mengapresiasi hasil survei CSIS ini dan menjadi penambah semangat gerakan memajukan kreativitas anak-anak muda. 

Menurut Ikhwanul, Airlangga Hartarto memang memiliki komitmen dan kesungguhan untuk memajukan peran anak muda untuk berpartisipasi dan memimpin bukan hanya aspek sosial politik, tapi juga ekonomi dan budaya.

“Saya dan teman-teman melihat komitmen Pak Airlangga terhadap kepemimpinan anak-anak muda khususnya di bidang politik dan sosial ekonomi seperti entrepreneurship dan UMKM sangat besar, bukan kaleng-kaleng, atau hanya sekedar artifisial. Kita bisa lihat keberpihakan beliau di Partai Golkar maupun di Kemenko Perekonomian terkait kehadiran anak muda dan kebijakan yang pro terhadap isu-isu keanakmudaan”, tutur Ikhwanul.

Ikhwanul menambahkan Gerakan BerkAH sendiri telah berkeliling lebih dari 30 kabupaten/kota dan bertemu dengan berbagai komunitas anak-anak muda kreatif serta berkolaborasi dalam berbagai proyek pemberdayaan di sejumlah daerah. 

“Pada saat situasi pandemi kemarin, Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian secara khusus telah mengeluarkan kebijakan untuk anak muda, salah satunya adalah Program Kartu Prakerja. Program ini sudah memberikan bantuan kepada lebih dari 12 juta anak muda Indonesia saat pandemi. Menurut kami ini luar biasa, belum lagi program untuk UMKM melalui KUR dan sebagainya", tutur mahasiswa paska sarjana UI ini. 

Survei CSIS ini dilakukan pada rentang waktu 8-13 Agustus 2022 terhadap responden yang berusia 17-39 tahun yang diasumsikan sebagai pemilih muda. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Margin of error sebanyak +/-2,84% dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini menyajikan pertanyaan 'Apakah Anda mengenal (pernah dengar/melihat/mengetahui) nama-nama partai di bawah ini/ Dan bila mengenal, apakah Anda suka dengan partai politik tersebut?'. Berikut hasilnya:

Golkar

- Popularitas 94%

- Kesukaan 75,9%

 

PDIP

- Popularitas 93,5%

- Kesukaan 68,2%

 

Gerindra

- Popularitas 92,7%

- Kesukaan 79%

 

Demokrat

- Popularitas 91,6%

- Kesukaan 82%

 

NasDem

- Popularitas 84,2%

- Kesukaan 71%

 

Perindo

- Popularitas 82,5%

- Kesukaan 75,8%

 

PAN

- Popularitas 78,7%%

- Kesukaan 71,4%

 

PKS

- Popularitas 71,5%

- Kesukaan 72,2%

 

Hanura

- Popularitas 69,8%

- Kesukaan 67,1%

 

PKB

- Popularitas 68,1%

- Kesukaan 72,8%

 

PPP

- Popularitas 65,2%

- Kesukaan 72,8%

 

PBB

- Popularitas 55,8%

- Kesukaan 67,5%

 

PSI

- Popularitas 45,9%

- Kesukaan 58,1%

 

Garuda

- Popularitas 35,2%

- Kesukaan 64,5%

 

Berkarya

- Popularitas 24,6%

- Kesukaan 57,7%

 

PKPI

- Popularitas 20,8%

- Kesukaan 57,7%

 

Gelora

- Popularitas 18%

- Kesukaan 63,3%

 

Partai Ummat

- Popularitas 16,2%

- Kesukaan 60,1%

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Partai Golkar Fokus pada Isu Strategis Pemilih Muda

Hari Tani Nasional, Menko Airlangga Serukan Pangan Berdaulat dan Mandiri

Airlangga: Kebijakan Konversi Gas Tiga Kilogram ke Kompor Listrik Belum Diputuskan

Airlangga Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Afrika Selatan di G20 TIIMM

Airlangga: Indonesia Berperan Selesaikan Masalah dan Dorong Ekonomi dunia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark