Pameran dan Lomba Fotografi Isi HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Balai Kota Yogyakarta.
Balai Kota Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pameran foto dan lomba fotografi digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-266 Kota Yogyakarta. Acara tersebut digelar sejak 6 hingga 9 Oktober 2022.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta, Edy Sugiharto mengatakan, tema yang diambil dalam acara tersebut yakni terkait destinasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Hal ini dikarenakan Kota Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik.

"Temanya sangat mudah soal destinasi wisata di wilayah Kota Yogyakarta. Bisa pasar seperti Pasar Beringharjo, bisa Malioboro, Tugu, atau bisa dengan talent dan ini gratis," kata Edy di kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (29/9/2022).

Ada dua kategori yang dihadirkan dalam pameran dan lomba fotografi tersebut, yakni kategori pelajar dan kategori umum. Untuk kategori pelajar, peserta yang disasar yakni pelajar di jenjang pendidikan SMP atau sederajat di Kota Yogyakarta.

"Kategori pelajar, peserta dari perwakilan sekolah SMP atau sederajat se-Kota Yogyakarta sejumlah 65 sekolah," ujar Edy.

Sedangkan, untuk kategori umum akan dikurasi menjadi 70 karya terbaik untuk dipamerkan. Pengiriman karya sendiri, katanya Edy, dapat dilakukan hingga 30 September 2022.

Dari foto yang sudah dikurasi, bakal dipamerkan di QT Square, Kota Yogyakarta. Nantinya, dari pameran tersebut akan dilakukan penilaian untuk memilih tiga pemenang di masing-masing kategori.

Edy menjelaskan, tiap peserta dapat mengirimkan lima karya terbaiknya. Hadiah yang disiapkan pun mencapai puluhan juta rupiah untuk dua kategori tersebut.

Terkait dengan penilaian foto yang dipamerkan, 50 persen berasal dari penilaian yang dilakukan oleh juri. Namun, 50 persen lainnya diambil dari kontribusi pengunjung pameran.

"Jadi tidak subyektif dari juri saja, juga ada kontribusi dari pengunjung. Harapan kami, apa yang ditampilkan menjadi motivasi dari peserta untuk bisa menampilkan yang baik tidak bagi dirinya sendiri saja, tapi juga bagi orang lain," jelas dia.

HUT ke-266 Kota Yogyakarta di 2022 ini mengusung tema 'Sulih Luwih Pulih’. Tema ini dikatakan menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta yang bisa memulihkan diri sendiri, dan menjadi momentum kebangkitan pascapandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


HUT Yogyakarta Jadi Momentum Pemulihan Pandemi

Wayang Jogja Night Carnival Puncak HUT Kota Yogya Ke-265

Beberapa Ruas Jalan Ditutup Saat Wayang Jogja Night Carnival

Wayang Jogja Night Carnaval Puncak HUT Ke-263 Yogyakarta

Warga Jogja Ikrarkan Jogja Istimewa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark