Bandara JB Soedirman akan Kembali Beroperasi pada Bulan Oktober

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Banyumas Achmad Husein dan pimpinan daerah lainnya dalam konferensi pers di Bandara JB Soedirman, Jumat (30/9/22).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Banyumas Achmad Husein dan pimpinan daerah lainnya dalam konferensi pers di Bandara JB Soedirman, Jumat (30/9/22). | Foto: Republika/Idealisa masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan rapat koordinasi dengan enam pimpinan wilayah Banyumas Raya di Bandara JB Soedirman, Jumat (30/9/2022).

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh pimpinan daerah Jawa Tengah bagian barat selatan yakni Bupati Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo dan Kebumen memutuskan bahwa bandara tersebut akan kembali melayani penerbangan dari dan ke Purbalingga Oktober mendatang. Dalam rapat ini juga hadir pihak WingsAir dan Citilink selaku maskapai yang akan beroperasi di sana.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, bahwa mereka berkomitmen untuk kembali mengoperasikan bandar JB Soedirman dengan sistem blocking seat.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama di Oktober bisa kembali dioperasionalkan. Kami Insya Allah akan mengawal eksistensi bandara ini dengan blocking seat," ujar Bupati Tiwi mewakili pimpinan daerah lainnya saat konferensi pers di Bandara JB Soedirman, Jumat (30/9/22).

Blocking seat tersebut yakni untuk memastikan bahwa kedua maskapai tidak mengalami kerugian karena tidak adanya penumpang dalam penerbangan. Sebelumnya WingsAir sempat meresmikan penerbangan perdana dari dari Bandara Pondok Cabe Tangerang pada 5 Agustus 2022 lalu, namun dua pekan kemudian maskapai tersebut berhenti beroperasi.

"Dengan blocking seat ini diharapkan dalam tidak terlalu lama kunjungan akan meningkat," kata Bupati Tiwi.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menambahkan, Pemerintah akan memastikan bahwa setiap infrastruktur yang dibangun akan berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat.

"Oleh karena itu komitmen untuk memastikan tiga flight dalam satu minggu sudah mulai dalam Oktober. Saya terima kasih kepada Pemda yang memberikan block seat," kata Menhub.

Menurutnya terhentinya penerbangan WingsAir sebelumnya merupakan hal yang wajar terjadi di masa pandemi. Hal ini karena di masa pandemi sektor transportasi turun 70 persen, dari yang tadinya penuh menjadi hanya terisi 30 persen.

Dengan adanya blocking seat ini, WingsAir dan Citilink dapat memastikan bahwa penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman akan beroperasi.

"Banyak masyarakat yang berasal dari daerah sini selalu tanya kapan bisa gunakan bandara ini. Jadi block seat ini saya harapkan tidak terlalu lama," kata Menhub.

 

Terkait


Bupati Purbalinga Lepas Jamaah Umroh

Denny Caknan Hibur Ribuan Fansnya di GOR Goentoer Darjono Purbalingga

Tradisi HUT Kemerdekaan RI, Bupati Purbalingga Anjangsana ke Pejuang Perintis Kemerdekaan

Purbalingga Ekspor 20 ton Gula Kelapa Organik Ke Malaysia

Desa Karangpucung Bangun Pertanian Terintegrasi, Panen Melon Kualitas Premium

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark