Wali Kota Surabaya Pastikan tak Ada Bonek yang Datang ke Kanjuruhan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Sejumlah suporter Persebaya Surabaya Bonek memberikan dukungan pada lanjutan Liga 1 melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (7/8/2022). Bhayangkara Fc menang dengan skor 1-0.
Sejumlah suporter Persebaya Surabaya Bonek memberikan dukungan pada lanjutan Liga 1 melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (7/8/2022). Bhayangkara Fc menang dengan skor 1-0. | Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turut prihatin atas terjadinya kericuhan yang merenggut nyawa ratusan jiwa di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (1/10/2022) malam. Eri pun meminta seluruh masyarakat untuk saling menjaga satu sama lain sesuai dengan ajaran agama dan keyakinannya masing-masing. Eri berharap, tragedi tersebut adalah yang terakhir dan tidak terulang kembali. 

"Ayo, mulai hari ini cukup sudah tragedi seperti itu. Kita tingkatkan rasa hablum minannas kita, agar kita bisa bersaudara hingga di yaumil akhir," kata Eri di Surabaya, Ahad (2/9).

Eri pun memastikan, pada pertandingan Persebaya versus Arema tersebut tidak ada suporter asal Surabaya yang datang ke Stadion Kanjuruhan. "Berkaca dari kejadian di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Pemkot juga dtelah berkoordinasi dengan manajemen Persebaya, kepolisian, Pemkab Sidoarjo, dan suporter untuk menengahi masalah yang terjadi," ujar Eri.

Eri kembali berharap, kejadian serupa tidak terjadi kembali, baik itu di Kota Surabaya maupun di daerah lainnya. Eri meyakini, suporter di masa sekarang sudah semakin dewasa dan bisa saling menjaga satu sama lain, meskipun tim sepak bola kesayangannya menang ataupun kalah. 

"Mari kita jaga betul, jangan ada rasa persaingan karena hidup ini saling melengkapi satu sama lain. Karena itulah arti manusia, kita harus belajar dewasa bergandeng tangan dan saling menjaga, terutama menjaga Kota Surabaya," kata Eri.

Eri menyatakan, Pemkot Surabaya siap memberi bantuan kemanusiaan apabila dibutuhkan oleh Pemkot atau Pemkab Malang atas peristiwa tersebut. Eri mengatakan, ia bersama jajarannya masih menunggu kabar selanjutnya untuk memberikan bantuan tersebut.

 

Terkait


Ganjar Pranowo Sampaikan Duka Terkait Tragedi Suporter di Malang

Presiden Jokowi Dengan Tegas Minta Hentikan Liga 1

Korban Meninggal Akibat Kerusuhan di Kanjuruhan Bertambah

Persebaya Kalahkan Arema di Stadion Kanjuruhan Malang

Laga Persib Melawan Persija Ditunda, Tiket Tetap Berlaku di Laga Tunda

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark